SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ribuan Wisatawan Lokal dan Mancanegara Antusias Ikuti Festival Gerhana Matahari Total

Rabu, 09 Maret 2016 07:40 by Dits | 1365 hits
Ribuan Wisatawan Lokal dan Mancanegara Antusias Ikuti Festival Gerhana Matahari Total
image source: inilah.com

DREAMERS.ID - Fenomena Gerhana Matahari Total 2016 atau GMT disambut antusias oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Mereka pun berbondong-bondong menyaksikan festival budaya dalam rangka menyambut GMT di Lapangan Sanaman Mantikai dan Bundaran Besar Kota Palangka Raya.

Dalam festival tersebut menyuguhkan tari-tarian daerah suku Dayak yang mendapatkan pujian dari wisatawan. Festival GMT dibuka secara langsung oleh Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia, di Palangka Raya, Selasa (8/3).

Wali Kota Palangka Raya dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh wisatawan yang saat ini berkunjung untuk menyaksikan fenomena alam yakni Gerhana Matahari Total yang secara kebetulan melintas tepat di daerah tersebut.

"Memanfaatkan kejadian alam yang jarang terjadi ini, kami mencoba untuk mengenalkan kepada para wisatawan keanekaragaman budaya suku Dayak agar lebih dikenal masyarakat Dunia, khususnya makanan khas daerah, tempat wisata, dan pernak-pernik lainnya," ucap Riban.

Selain itu, Riban juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersifat ramah, santun dan mampu menjaga kebersihan lingkungan sebagai contoh bagi wisatawan bagaimana karakter masyarakat lokal Kota Palangka Raya.

Baca juga: Tak Kalah dengan Amerika, Ini Tanggal Gerhana Matahari 'Hadir' di Wilayah Indonesia

Pada kegiatan pembukaan Festival GMT tersebut ratusan kamera dan video terlihat mengabadikan pertunjukan tari-tarian yang disuguhkan oleh Dewan Kesenian Kota Palangka Raya.

Rangkaian acara pada Festival GMT 2016 kali ini, para wisatawan dapat menyaksikan karnaval daerah, tari rampai nusantara, pasar rakyat dan UKM ekonomi kreatif, lagu-lagu khas Dayak, penampilan perkusi khas Dayak, dan masih banyak hal lain yang memeriahkan kegiatan tersebut.

Pemerintah Kota Palangka Raya juga mengumumkan bahwa ada dua masjid yang nantinya akan melaksanakan kegiatan Sholat Gerhana. Satu di Masjid Nurul Islam, dan satu lagi di Masjid Raya Darussallam.

"Bagi umat Islam yang ingin ikut melaksanakan Sholat Gerhana silahkan langsung datang ke dua Masjid tersebut sebelum pukul 06.30 WIB," paparnya.

Riban juga mengingatkan karena kegiatan GMT ini bertepatan dengan Hari Raya Nyepi Umat Hindu, semua masyarakat diharapkan bisa menjaga toleransi umat beragama dengan tujuan masyarakat Hindu bisa menjalankan ibadahnya dengan khusyuk tanpa terganggu.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Menteri Agama Lukman Hakim sempat disoraki oleh sebagian massa Aksi Bela Palestina sebelum dirinya melakukan orasi. Namun saat ditanya apa yang menyebabkan massa melakukan hal tersebut, Lukman mengaku tidak tahu dan merasa biasa saja....
  • HOT !
     Natal segera tiba sebagai hari Raya umat Kristinani yang memperingati hari lahir Yesus. Namun momen tersebut pun tidak lepas dari sosok Bunda Maria. Seperti yang dilakukan seorang seniman asal Kebumen, Jawa Tengah bernama Eddy Ruswanto....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)