SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Belajar dari Tragedi MH370, Ini Ketentuan Baru PBB Soal Pelacakan Pesawat

Selasa, 08 Maret 2016 11:00 by zia92 | 1205 hits
Belajar dari Tragedi MH370, Ini Ketentuan Baru PBB Soal Pelacakan Pesawat
Image source: dailymail.c

DREAMERS.ID - Sudah hampir dua tahun sejak insiden hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370, namun hingga detik ini keberadaan pesawat tersebut masih menjadi tanya besar meski beberapa puing yang diduga milik MH370 telah ditemukan.

Keberadaan MH370 yang seperti hilang ditelan bumi dan belum diketahui penyebabnya membuat lembaga penerbangan PBB mengumumkan sejumlah persyaratan baru untuk alat pelacakan waktu nyata (real-time) dalam pesawat sipil.

Diberitakan laman CNN, Dewan gubernur Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) pada Senin (7/3) menyetujui proposal untuk membolehkan pesawat sipil membawa alat pelacak yang dapat mengirimkan lokasi pesawat setidaknya sekali dalam satu menit jika terjadi kecelakaan.

ICAO menjabarkan bahwa operator pesawat harus memastikan mereka bahwa data perekam penerbangan dapat dipulihkan, sementara durasi rekaman suara di kokpit diperpanjang menjadi 25 jam.

Baca juga: Terungkap, Video Mengerikan Hasil Investigasi Hancurnya Malaysia Airlines MH17 Tiga Tahun Lalu

Persyaratan untuk alat pelacak dan perekam data penerbangan ini akan didasarkan kepada performa masing-masing alat, sehingga maskapai maupun pabrik pembuat pesawat dapat memilih sendiri teknologi yang akan digunakan dalam alat pelacak. Perubahan ini akan berlaku mulai saat ini hingga 2021.

"(Jika) diimplementasikan bersama, ketentuan baru ini akan memastikan bahwa dalam kasus kecelakaan, lokasi pesawat akan langsung diketahui dalam jarak enam mil laut, dan penyidik akan dapat mengakses data perekam penerbangan pesawat dengan segera," kata Presiden Dewan ICAO, Olumuyiwa Benard Aliu.

"(Sejumlah ketentuan baru ini) juga akan memberikan kontribusi untuk upaya pencarian dan penyelamatan yang lebih hemat dan lebih baik," ujarnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Ketua DPR (nonaktif) Setya Novanto menunjukan sikap tak kooperatif saat menjalani sidang perdana Pengadilan Tipikor Jakarta, yang digelar pada Rabu (13/12). Novanto yang tersangkut kasus korupsi pengadaan e KTP ini seperti sakit parah dan tak dapat mendengar saat tengah pembacaan dakwaan....
  • HOT !
    Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un memiliki keyakinan sangat besar bisa memenangkan perang jika terjadi melawan Amerika Serikat. Kim mendeklarasikan kekuatan militernya tersebut dengan berambisi menjadikan Korut sebagai negara nuklir di dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)