SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bersiap Nantikan Gerhana Matahari Total, Begini Video Gambarannya Saat Lewati Indonesia

Sabtu, 05 Maret 2016 18:00 by zia92 | 3941 hits
Bersiap Nantikan Gerhana Matahari Total, Begini Video Gambarannya Saat Lewati Indonesia
Image source: cnn.com

DREAMERS.ID - Tanggal 9 Maret nanti, gerhana matahari total (GMT) akan melewati kawasan Micronesia, dan Indonesia sebagai pusatnya. Yang lebih spesial, gerhana kali ini adalah satu-satunya gerhana matahari total yang akan terjadi di tahun 2016.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, GMT ini diprediksi bisa terlihat di 10 provinsi di Indonesia, yaitu Palembang (Sumsel), Bangka Belitung (Babel), Sampit (Kalimantan Tengah), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate hingga Halmahera (Maluku Utara).

Daerah lain di Indonesia juga bisa menyaksikan gerhana matahari, namun bukan gerhana matahari total, melainkan gerhana matahari sebagian. Kota-kota tersebut adalah Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon. Di Jakarta, gerhana matahari sebagian terjadi mulai pukul 6.19 WIB.

Baca juga: Tak Kalah dengan Amerika, Ini Tanggal Gerhana Matahari 'Hadir' di Wilayah Indonesia

Sekali lagi, mengingat ini adalah gerhana matahari total, bagi warga Indonesia yang ingin melihat harus menggunakan alat bantu. Melihat fenomena langka ini dengan mata telanjang bisa menimbulkan kerusakan permanen pada mata, bahkan kebutaan.

Nah, untuk mengetahui kawasan mana saja yang akan merasakan 'kegelapan total' di tanggal 9 Maret pagi nanti, simak videonya berikut ini.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Anton Lucanus, orang asing alias bule yang berpenampilan seperti pengemusi perusahaan online, Go Jek sempat jadi viral, ditambah dengan akun Instagram @ojekbule nya yang mengunggah banyak kegiatan. Komplit berseragam seperti jaket dan helm Go Jek, Anton Lucanus mengungkapkan alasan sesungguhnya melakukan hal tersebut....
  • HOT !
    Film ‘It’ sudah jadi primadona tak hanya di bioskop atau pun hati penonton, namun juga di media sosial karena banyaknya komik strip mau pun meme yang beredar terkait monster badut mengerikan, Pennywise....
  • HOT !
    Pertama kalinya Presiden Korea Utara, Kim Jong Un menanggapi Donald Trump. Pernyataan yang serupa dengan surat terbuka itu dirilis pada Kamis (21/09) kemarin. Dilansir dari laman Korea Herald seperti yang diberitakan kantor berita Korea Utara KCNA, pernyataan resmi itu berisikan kritik Kim Jong Un atas pidato Donald Trump, menyinggung gaya kepemimpinan, hingga nyatakan perang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)