home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Untuk Penelitian dan Tanda Persahabatan, Cina Hadiahi Korea Selatan Sepasang Panda

Jumat, 04 Maret 2016 13:20 by fzhchyn | 1420 hits
Untuk Penelitian dan Tanda Persahabatan, Cina Hadiahi Korea Selatan Sepasang Panda
Image source: koreatimes.

DREAMERS.ID - Sepasang beruang panda Cina tiba di Seoul, Korea Selatan sebagai hadiah dari Presiden Cina Xi Jinping pada Kamis (3/3) kemarin waktu setempat. Ini juga merupakan bagian dari proyek penelitian tentang spesies yang terancam punah yang dilakukan oleh kedua negara.

Panda bernama Ai Bao (harta yang indah) merupakan panda betina berusia 2 tahun, sedangkan Le Bao (harta yang menyenangkan) merupakan panda jantan berusia 3 tahun. Kedua panda tersebut terbang dari provinsi Sichuan, Cina Barat dan mendarat di Bandara Internasional Incheon dengan penerbangan khusus yang didampingi dokter hewan dan penjaga.

Ai Bao dan Le Bao berada dalam kandang khusus dan menerima pemeriksaan kesehatan berulang-ulang selama tiga jam waktu penerbangan, kata perwakilan Samsung Everland, sebuah taman hiburan yang akan menjadi ruman sepasang panda tersebut.


Image source: koreatimes.co.kr

Untuk tiba di taman hiburan tersebut, kandang panda diangkut menggunakan kendaraan dengan suspensi canggih untuk mengurangi goncangan.

Dijuluki 'diplomasi panda', Cina memang memiliki tradisi mengirim panda ke luar negeri sebagai tanda persahabatan. Hal ini juga sering menjadi isyarat sebagai niat baik Beijing untuk membina hubungan bilateral.

Baca juga: Everland Korea Debutkan Bayi Panda Menggemaskan untuk Pertama Kalinya

Sebelumnya, Seoul pernah menyewa sepasang panda pada tahun 1994, namun dikembalikan ke negara asalnya pada tahun 1998 karena mengalami krisi keuangan di tahun sebelumnya (1997). Saat ini setidaknya hanya 14 negara yang memiliki hewan langka ini.

Presiden Park Geun Hye dan Presiden Xi Jinping pada tahun 2014 lalu memang telah menyetujui untuk melakukan penelitian bersama-sama. Dan sejak saat itu, kedua negara langsung menunjuk Samsung Everland yang merupakan taman hiburan terbesar di Seoul sebagai rumah panda.

Menurut pihak taman hiburan, penelitian ini akan menyelidiki upaya konservasi dan program pengembangbiakkan panda. Seperti dilansir Korea Times, panda merupakan salah satu hewan yang paling terancam punah di planet ini dengan hanya sekitar 2000 panda besar yang hidup.

Ai Bao dan Le Bao akan diperkenalkan ke publik di bulan April mendatang, karena dalam masa satu bulan ini keduanya akan membiasakan diri terlebih dahulu di lingkungan yang baru dengan perawatan intensif dari dokter hewan kedua negara.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)