SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Untuk Penelitian dan Tanda Persahabatan, Cina Hadiahi Korea Selatan Sepasang Panda

Jumat, 04 Maret 2016 13:20 by zia92 | 1230 hits
Untuk Penelitian dan Tanda Persahabatan, Cina Hadiahi Korea Selatan Sepasang Panda
Image source: koreatimes.

DREAMERS.ID - Sepasang beruang panda Cina tiba di Seoul, Korea Selatan sebagai hadiah dari Presiden Cina Xi Jinping pada Kamis (3/3) kemarin waktu setempat. Ini juga merupakan bagian dari proyek penelitian tentang spesies yang terancam punah yang dilakukan oleh kedua negara.

Panda bernama Ai Bao (harta yang indah) merupakan panda betina berusia 2 tahun, sedangkan Le Bao (harta yang menyenangkan) merupakan panda jantan berusia 3 tahun. Kedua panda tersebut terbang dari provinsi Sichuan, Cina Barat dan mendarat di Bandara Internasional Incheon dengan penerbangan khusus yang didampingi dokter hewan dan penjaga.

Ai Bao dan Le Bao berada dalam kandang khusus dan menerima pemeriksaan kesehatan berulang-ulang selama tiga jam waktu penerbangan, kata perwakilan Samsung Everland, sebuah taman hiburan yang akan menjadi ruman sepasang panda tersebut.


Image source: koreatimes.co.kr

Untuk tiba di taman hiburan tersebut, kandang panda diangkut menggunakan kendaraan dengan suspensi canggih untuk mengurangi goncangan.

Dijuluki 'diplomasi panda', Cina memang memiliki tradisi mengirim panda ke luar negeri sebagai tanda persahabatan. Hal ini juga sering menjadi isyarat sebagai niat baik Beijing untuk membina hubungan bilateral.

Baca juga: Bawa Sepasang Panda Raksasa, Garuda Indonesia Beri Kejutan untuk Penumpang China-Jakarta

Sebelumnya, Seoul pernah menyewa sepasang panda pada tahun 1994, namun dikembalikan ke negara asalnya pada tahun 1998 karena mengalami krisi keuangan di tahun sebelumnya (1997). Saat ini setidaknya hanya 14 negara yang memiliki hewan langka ini.

Presiden Park Geun Hye dan Presiden Xi Jinping pada tahun 2014 lalu memang telah menyetujui untuk melakukan penelitian bersama-sama. Dan sejak saat itu, kedua negara langsung menunjuk Samsung Everland yang merupakan taman hiburan terbesar di Seoul sebagai rumah panda.

Menurut pihak taman hiburan, penelitian ini akan menyelidiki upaya konservasi dan program pengembangbiakkan panda. Seperti dilansir Korea Times, panda merupakan salah satu hewan yang paling terancam punah di planet ini dengan hanya sekitar 2000 panda besar yang hidup.

Ai Bao dan Le Bao akan diperkenalkan ke publik di bulan April mendatang, karena dalam masa satu bulan ini keduanya akan membiasakan diri terlebih dahulu di lingkungan yang baru dengan perawatan intensif dari dokter hewan kedua negara.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)