SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Australia Bela Jessica Agar Tak Dihukum Mati, Kenapa?

Kamis, 03 Maret 2016 12:00 by zia92 | 2945 hits
Australia Bela Jessica Agar Tak Dihukum Mati, Kenapa?
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Polda Metro Jaya berusaha memperkuat alat bukti pembunuhan Mirna Salihin yang tewas setelah minum kopi berisi racun sianida. Salah satunya adalah dengan meminta bantuan Kepolisian Federal Australia (AFP).

Seperti diketahui, Kepolisian Indonesia meminta bantuan AFP mendalami rekam jejak Jessica dan Mirna semasa kuliah di Billy Blue College of Design di Sydney dan Universitas Teknologi Swinburne, Melbourne. AFP pun setuju membantu namun dengan syarat tersangka Jessica Kumala Wongso tidak dihukum mati.

Menanggapi syarat tersebut, Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar menilai itu sangat mengada-ada dan terkesan mencampuri urusan hukum dalam negeri. Namun dalam proses diplomasi, menurut Bambang, polisi tak masalah mendengar masukan tetapi jangan langsung diputuskan.

"Kalau dituruti itu tunjukan sistem hukum kita lemah, kita harus buktikan hukum di Indonesia kuat," kata Bambang, Kamis (3/3), melansir laman Merdeka.com.

Baca juga: Indonesia Hingga Dunia, Ini Isu Panas Yang Jadi Pembicaraan Dalam Waktu Lama Sepanjang 2016

Bambang menilai permintaan ini karena Negeri Kanguru memang tidak menganut sistem hukuman mati. Hal ini bisa dilihat ketika Australia memohon warga negaranya yang tersangkut narkoba tidak dieksekusi mati.

Meski begitu, kata Bambang, setiap negara memiliki landasan hukum berbeda-beda. Kasus apa pun yang masuk persidangan divonis hakim sesuai dengan keadilan. "Indonesia punya sistem hukum anut keadilan," tuturnya.

Artikel sebelumnya: Bantu Ungkap Kasus Kopi Sianida, Kepolisian Australia Beri Syarat Agar Jessica Tak Dihukum Mati

Komentar
  • HOT !
    Fraksi PKS mengusulkan agar Fahri Hamzah dicopot dari jabatan Wakil Ketua DPR. Pencopotan tersebut diajukan dalam surat yang dibacakan saat paripurna penutupan masa sidang DPR, Senin (11/12). Disebutkan juga kalau F PKS meminta Fahri diganti dengan Ledia Hanifa Amaliah. Lantas bagaimana tanggapan Fahri?...
  • HOT !
    Masyarakat menyoroti keputusan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk tidak lagi membuka akses warga melihat proses rapat Pemprov DKI. Karena Anies Sandi tidak mengunggah video semacam itu di channel Youtube lagi....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)