SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Janjikan Rp100 Juta per Desa Sebagai Hadiah

Kamis, 03 Maret 2016 10:11 by zia92 | 694 hits
Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Janjikan Rp100 Juta per Desa Sebagai Hadiah
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam upaya pencegahan kebakaran hutan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta bantuan dan peran serta aktif masyarakat meminimalisir kebakaran hutan. Langkah ini merupakan program penanggulangan kebakaran hutan berbasis pemberdayaan masyarakat desa.

"Masyarakat desa harus dilibatkan secara aktif dalam pencegahan kebakaran hutan. Masyarakat ini sebagai unsur penindak awal dalam setiap kejadian bencana," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei di kantornya, Rabu (2/3).

Untuk mendorong keterlibatan masyarakat desa, pemerintah menjanjikan dana yang akan diberikan apabila warga desa berhasil melakukan pencegahan kebakaran hutan. Tidak tanggung-tanggung insentif atau reward yang dijanjikan sebesar Rp 100 juta per desa.

Baca juga: Viral Sekelompok Orang Bermain Golf di Samping Hutan yang Terbakar Hebat

"Intensif daerah yang berhasil cegah kebakaran hutan ini akan diberikan. Pemerintah Daerah kemampuan anggarannya tidak sama. Jadi siap dibantu oleh Pemerintah Pusat juga. Bahkan World Bank akan memberikan USD 12 juta," ucapnya.

Willem menambahkan, pihaknya juga sudah menyiagakan helikopter jika sudah terdeteksi titik api. Sehingga, dapat segera melakukan pemadaman. "Saya juga memerintahkan untuk bentuk tim supervisi dalam penanggulangan bencana kebakaran ini. Jadi penanganannya ini harus total," kata Willem.

Dia mengatakan, setiap daerah miliki potensi bencana berbeda. BNPB sudah memetakan dan akan konsentrasi di daerah-daerah rawan. "Modal kita pengalaman masa lalu, jadi sudah harus ada kesiagaan sendiri," tutupnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)