SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Besar Guncang Mentawai, Warga Trauma dan Bertahan di Dataran Tinggi

Rabu, 02 Maret 2016 22:00 by reinasoebisono | 1022 hits
Gempa Besar Guncang Mentawai, Warga Trauma dan Bertahan di Dataran Tinggi
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Gempa mengagetkan mengguncang Mentawai, Sumatera Barat dan membuat warga panik berhamburan. Tidak hanya berlarian keluar rumah dan gedung, namun warga juga melarikan diri ke daerah yang lebih tinggi.

Gempa tersebut tercatat berkekuatan 7.8 Skala Richter menurut laman BMKG. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menginformasikan gempa yang terjadi malam ini berada di 682 Km Barat Daya Kepulauan Mentawai.

Yang membuat warga panik adalah adanya peringatan gempa berpotensi tsunami. Namun hingga kini, gempa yang terjadi sekitar pukul 19.49 WIB Rabu malam itu belum menunjukkan adanya tanda tsunami.

Baca juga: Ini Penjelasan BMKG Soal Penyebab Gempa Besar di Mentawai

Menurut pakar gempa dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Irwan Meilano, potensi gempa susulan tetap ada, namun tipe gempa Mentawai yang disebut gempa sesar geser mendatar ini diperkirakan tidak akan berdampak merusak di gempa susulannya.

Sementara tu, masyarakat Mentawai berhamburan memenuhi jalan dan langsung menuju ke dataran yang lebih karena mengantisipasi terjadi tsunami. Sementara itu, gempa juga terasa di Padang dan sekitarnya. Warga merasa trauma dengan gempa besar seperti yang terjadi 2004 di Aceh dan 2010 lalu juga di Mentawai.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Artis Dewi Persik dipertemukan dengan anggota polisi yang disebutnya mengawal ketika berusaha menerobos jalur busway yang viral di pemberitaan dan media sosial. Namun ada perbedaan pendapat dan hal ini disebutkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra....
  • HOT !
    Komisi Komunikasi Korea Selatan pada hari Rabu mengumumkan adanya serangkaian kebijakan baru untuk mengekang membludak nya konten tak pantas di situs microblogging milik Amerika, Tumblr. Negeri Gingseng itu akan memastikan penerapannya dapat diterapkan ke perusahan Korea dan asing yang berbasis internet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)