SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Populer dan Kinerja Bagus, Benarkah Tak Ada yang Bisa Kalahkan Ahok di Pilgub DKI Jakarta?

Rabu, 02 Maret 2016 11:35 by zia92 | 1351 hits
Populer dan Kinerja Bagus, Benarkah Tak Ada yang Bisa Kalahkan Ahok di Pilgub DKI Jakarta?
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017, aura panas kian hari kian terasa di ibu kota. Dari nama-nama yang belakangan ini sering disebutkan, nama Basuki Tjahja Purnama (Ahok) terlihat masih diunggulkan untuk kembali memimpin.

Sejumlah nama mulai bermunculan menjadi penantang Ahok di Pilgub tahun depan. Mulai dari Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, pengusaha Sandiaga Uno hingga musisi Ahmad Dhani (diusung PKB) disebut akan menjadi penantang Ahok.

Yusril misalnya, pengacara kondang ini yakin dapat mengumpulkan sejuta KTP dalam tempo tiga bulan untuk mengalahkan dukungan atas Ahok. Tak saja bermain opini, Yusril juga sudah dilirik beberapa parpol untuk mengusungnya.

Sebagaimana Yusril, Ahmad Dhani pun terlihat serupa. Bos Republik Cinta Management ini bahkan beberapa kali berusaha mencuri hati warga DKI dengan mendatangi Kawasan Kalijodo yang digusur Ahok untuk kembali dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH). Sementara Sandiaga Uno terus bergerilya ke sejumlah wilayah DKI untuk mendapatkan simpati warga. Mendatangi sejumlah acara demi meningkatkan elektabilitas.

Di atas kertas, pencapaian Ahok sebagai Gubernur DKI memang menarik perhatian warga Jakarta. Popularitas Ahok belum ada yang menandingi. Apalagi, pendukung Ahok yang menamai diri sebagai Teman Ahok mengaku sudah mengumpulkan KTP dukungan hingga 700 ribu lebih.

Lalu benarkah tak ada lawan yang bisa kalahkan Ahok?

Baca juga: Tak Kenakan Kemeja Kotak-kotak, Ahok dan Keluarga Nyoblos di TPS 54

Menurut pengamat politik Boni Hargens, kinerja Ahok adalah salah satu tolak ukur bisa terpilih kembali nantinya. Kepercayaan masyarakat yang begitu besar kepada Ahok selama ini justru akan mengalahkan popularitas dari calon lawannya. "Saya belum melihat ada calon lain yang bisa menyaingi Ahok di 2017. Aspek kinerjanya sudah terbukti. Karena kinerja yang menjamin elektabilitas. Kinerja lebih penting dari popularitas," kata Boni, Selasa (1/3).

Boni membandingkan, Ahok dan Ridwan Kamil sebagai contoh. Jika diukur dari luas wilayah pemerintah dan segala tingkat pencapian, Ahok jauh lebih unggul ketimbang Ridwan. Untuk mengalahkan Ahok, menurut Boni pembandingnya adalah Ridwan harus terlebih dahulu menjadi gubernur Jawa Barat.

"Ridwan memang bagus dan populer tapi rekam jejaknya di Jakarta belum ada. Ridwan Kamil masih butuh pembuktian di Jabar. Maka lebih cocok Ridwan Kamil maju di Jabar I baru ke DKI I," jelas Boni.

Sementara itu, peluang Yusril dan Ahmad Dhani sangat kecil. Tak perlu menggunakan tolak pembanding, keikutsertaan keduanya dinilai Boni hanya sebagai strategi untuk redamkan Ahok sedini mungkin namun belum cukup waktu untuk mampu mengalahkannya. "Saat ini belum ada yang kalahkan Ahok. Yusril dan Ahmad Dhani cs hanya catatan kaki," tukas dia.

Tentu, segala sesuatu bisa saja terjadi, Yusril, Ahmad Dhani atau siapapun saja bisa mengalahkan Ahok. Penting bagi Ahok adalah adanya parpol pengusung. "Ada catatan untuk Ahok. Meski populer dan kinerja bagus, Ahok tetap butuh parpol karena pertarungan politik di Jakarta yang rumit dan keras," tandas Boni.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)