home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Populer dan Kinerja Bagus, Benarkah Tak Ada yang Bisa Kalahkan Ahok di Pilgub DKI Jakarta?

Rabu, 02 Maret 2016 11:35 by fzhchyn | 1447 hits
Populer dan Kinerja Bagus, Benarkah Tak Ada yang Bisa Kalahkan Ahok di Pilgub DKI Jakarta?
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017, aura panas kian hari kian terasa di ibu kota. Dari nama-nama yang belakangan ini sering disebutkan, nama Basuki Tjahja Purnama (Ahok) terlihat masih diunggulkan untuk kembali memimpin.

Sejumlah nama mulai bermunculan menjadi penantang Ahok di Pilgub tahun depan. Mulai dari Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, pengusaha Sandiaga Uno hingga musisi Ahmad Dhani (diusung PKB) disebut akan menjadi penantang Ahok.

Yusril misalnya, pengacara kondang ini yakin dapat mengumpulkan sejuta KTP dalam tempo tiga bulan untuk mengalahkan dukungan atas Ahok. Tak saja bermain opini, Yusril juga sudah dilirik beberapa parpol untuk mengusungnya.

Sebagaimana Yusril, Ahmad Dhani pun terlihat serupa. Bos Republik Cinta Management ini bahkan beberapa kali berusaha mencuri hati warga DKI dengan mendatangi Kawasan Kalijodo yang digusur Ahok untuk kembali dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH). Sementara Sandiaga Uno terus bergerilya ke sejumlah wilayah DKI untuk mendapatkan simpati warga. Mendatangi sejumlah acara demi meningkatkan elektabilitas.

Di atas kertas, pencapaian Ahok sebagai Gubernur DKI memang menarik perhatian warga Jakarta. Popularitas Ahok belum ada yang menandingi. Apalagi, pendukung Ahok yang menamai diri sebagai Teman Ahok mengaku sudah mengumpulkan KTP dukungan hingga 700 ribu lebih.

Lalu benarkah tak ada lawan yang bisa kalahkan Ahok?

Baca juga: Misteri Perjanjian Prabowo-Anies Yang Di-Spill Sandiaga, Mau Tahu?

Menurut pengamat politik Boni Hargens, kinerja Ahok adalah salah satu tolak ukur bisa terpilih kembali nantinya. Kepercayaan masyarakat yang begitu besar kepada Ahok selama ini justru akan mengalahkan popularitas dari calon lawannya. "Saya belum melihat ada calon lain yang bisa menyaingi Ahok di 2017. Aspek kinerjanya sudah terbukti. Karena kinerja yang menjamin elektabilitas. Kinerja lebih penting dari popularitas," kata Boni, Selasa (1/3).

Boni membandingkan, Ahok dan Ridwan Kamil sebagai contoh. Jika diukur dari luas wilayah pemerintah dan segala tingkat pencapian, Ahok jauh lebih unggul ketimbang Ridwan. Untuk mengalahkan Ahok, menurut Boni pembandingnya adalah Ridwan harus terlebih dahulu menjadi gubernur Jawa Barat.

"Ridwan memang bagus dan populer tapi rekam jejaknya di Jakarta belum ada. Ridwan Kamil masih butuh pembuktian di Jabar. Maka lebih cocok Ridwan Kamil maju di Jabar I baru ke DKI I," jelas Boni.

Sementara itu, peluang Yusril dan Ahmad Dhani sangat kecil. Tak perlu menggunakan tolak pembanding, keikutsertaan keduanya dinilai Boni hanya sebagai strategi untuk redamkan Ahok sedini mungkin namun belum cukup waktu untuk mampu mengalahkannya. "Saat ini belum ada yang kalahkan Ahok. Yusril dan Ahmad Dhani cs hanya catatan kaki," tukas dia.

Tentu, segala sesuatu bisa saja terjadi, Yusril, Ahmad Dhani atau siapapun saja bisa mengalahkan Ahok. Penting bagi Ahok adalah adanya parpol pengusung. "Ada catatan untuk Ahok. Meski populer dan kinerja bagus, Ahok tetap butuh parpol karena pertarungan politik di Jakarta yang rumit dan keras," tandas Boni.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)