home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Rata dengan Tanah, Ahok Akan Buat Kalijodo Jadi Ruang Terbuka Hijau dalam 5 Bulan

Selasa, 01 Maret 2016 12:00 by fzhchyn | 1062 hits
Sudah Rata dengan Tanah, Ahok Akan Buat Kalijodo Jadi Ruang Terbuka Hijau dalam 5 Bulan
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Senin (29/2) kemarin, kawasan Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara sudah ditertibkan. Beberapa unit mobil berat dikerahkan untuk merobohkan bangunan-bangunan di sana. Beberapa ruas jalan di sekitar pun dialihkan hingga pembongkaran selesai dilakukan pada sore hari.

Setelah rata dengan tanah, lalu apa rencana pemerintah DKI Jakarta? Seperti dilaporkan laman Merdeka.com, jika kawasan ini sudah bersih dari puing-puing bangunan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan mengubah wajah Kalijodo menjadi lebih hijau.

Ahok sapaan Basuki akan membuat taman luas dengan konsep mirip ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA). "Mirip-mirip RPTRA diperbesar, ada lapangan olahraga, ada wc yang baik, ada Musala," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (29/2).

Baca juga: Sejumlah Alasan Mengapa Kalijodo Kini Tak Lagi Terawat

Tak hanya hijau, Ahok mengaku telah memiliki desain taman yang akan dilengkapi berbagai fasilitas yang akan memberikan kenyamanan bagi warga DKI. Pembangunannya sendiri ditargetkan akan selesai dalam lima atau enam bulan ke depan.

"Jujur saja saya sudah punya desainnya sebetulnya. Dan kalau tidak ada hambatan saya harap 5 bulan selesai. Dia bersihkan kan musti ada tanaman. Ya mundur-mundurnya hujan segala macam mundur 1 bulan lah jadi 6 bulan," terangnya.

Untuk dana pembangunan, lanjut Ahok, bukan berasal dari APBD DKI, melainkan disokong dari pihak swasta. Ahok mengungkapkan banyak ruang publik termasuk taman yang dibangun dari hasil kenaikan Koefisien Luas Bangunan (KLB) yang didirikan pihak swasta. "Bukan (dari APBD), ini semua kewajiban pengembang. Bisa reklamasi pulau bisa KLB," jelas mantan politisi Gerindra ini.

Untuk diketahui, fasilitas yang bakal disediakan Pemprov DKI diantaranya tempat ibadah, lapangan olahraga, area permainan anak, area rekreasi, teater mini, tempat duduk, hingga area bermain skateboard hingga jogging track.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)