SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Park Geun-hye Terpilih Sebagai Presiden Wanita Pertama Korea Selatan

Kamis, 20 Desember 2012 09:00 by ningcil | 2485 hits
Park Geun-hye Terpilih Sebagai Presiden Wanita Pertama Korea Selatan
timescolonist.com

Jutaan penduduk Korea Selatan baru saja memberikan hak suara mereka dalam pemilu Presiden yang berlangsung ketat pada Rabu (19/12). Kandidat calon presiden yang dicalonkan sebagai presiden Korea Selatan selanjutnya yang menggantikan presiden Lee Myung-Bak adalah Park Geun-Hye dari partai Saenuri dan Moon Jae-in dari Partai Bersatu Demokrat.

Setelah seluruh proses pemilihan dilakukan, akhirnya Korea Selatan memilih Park Geun-hye sebagai presiden baru sekaligus presiden pertama Korea  Selatan. Selisih suara antara kedua kandidat dalam pemilu yang diadakan kemarin memang terbilang tipis, dengan Park Geun-hye memperoleh 51,5 % suara dan Moon Jae-in memperoleh 48% suara.

Seperti yang dilansir dari BBC, Park Geun-hye sendiri bukan merupakan wajah baru di Korea Selatan. Wanita 60 tahun ini merupakan anaka dari mantan diktator, penguasa militer Jenderal Park Chung-hee, tokoh yang mentransformasi Korea Selatan yang menjadi negara sukses secara ekonomi di tahun 1961-1979. Akibat sifat kepemimpinannya yang diktator, park Chung-hee dan istrinya dibunuh pada tahun 1970-an.

Sebagai pemimpin negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ke-4 di Asia, Park menghadapi beberapa tantangan, yaitu menjaga hubungan baik dengan Korea Utara yang sempat terputus dalam rezim kekuasaan presiden Lee Myung-bak, memperbaiki perekonomian Korsel, dan meningkatkan biaya kesejahteraan rakyat.

Baca juga: Terlibat Korupsi, Mantan Presiden Peru Bunuh Diri Saat Ditangkap Polisi

Park juga pada September lalu meminta maaf atas pelanggaran-pelanggaran HAM yang dulu pernah dilakukan oleh ayahnya sewaktu memerintah. Kepada para pendukungnya, Park menyatakan, “Saya akan menjadi presiden yang memenuhi semua janji yang saya buat dihadapan rakyat”.

Selamat kepada Presiden wanita pertama Korea Selatan, Park Geun-hye!

 

Dari berbagai sumber.

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)