SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pasang Wajah Serius, Inikah Alasan Orang Tak Tersenyum pada Foto-foto Jadul?

Rabu, 24 Februari 2016 23:00 by zia92 | 3880 hits
Pasang Wajah Serius, Inikah Alasan Orang Tak Tersenyum pada Foto-foto Jadul?
Image source: viraltemper

DREAMERS.ID - Saat membuka akun sosial media Instagram atau Path, kita pasti sering melihat foto-foto teman atau kerabat dengan berbagai ekspresi. Tak hanya tersenyum, kini semakin banyak orang yang dengan mudah mengekspresikan perasaan mereka melalui foto.

Tapi jika melihat foto-foto lawas, apalagi yang masih tercetak dalam warna hitam-putih, kebanyakan ekspresi yang ditampilkan adalah datar, serius, dan tanpa senyum. Ternyata terdapat beberapa hal yang menjadi alasan munculnya gaya seperti ini, Dreamers.

Dilansir laman Merdeka, alasan pertama adalah karena teknologi fotografi yang masih baru bagi orang-orang tersebut. Rata-rata foto dengan pose tersebut berada pada masa-masa awal fotografi ketika kamera masih belum canggih seperti yang dikenal beberapa dekade belakangan.

Selain itu, banyak orang masih tidak yakin untuk membuat foto mereka dan pada beberapa kebudayaan dipercaya bahwa berfoto dapat mengurangi usia yang mereka miliki. Itu sebab mengapa muncul wajah serius ketika difoto.

Baca juga: Tips Memotret Makanan yang 'Instagram-able' dengan Ponsel

Alasan kedua, adalah karena kurang canggihnya kamera sehingga waktu pemotretan cukup lama. Pada saat ini, mengambil foto merupakan kegiatan yang sangat mudah dan cepat hanya beberapa detik saja. Namun pada zaman dahulu, untuk menghasilkan sebuah foto dibutuhkan waktu pemotretan antara 5 hingga 30 menit. Lamanya waktu ini menyebabkan ekspresi mereka menjadi datar dan sering terlihat lelah ketika difoto.

Dan alasan ketiga adalah untuk menyembunyikan gigi. Pada masa lalu berfoto dengan memasang wajah tersenyum dan menunjukkan gigi dipandang sebagai hal yang tidak menunjukkan wibawa. Oleh karena itu pose ini tidak dilakukan terlebih karena foto dapat disimpan dalam waktu yang lama. Demi menjaga wibawa maka hal tersebut tidak dilakukan.

Pada masa lalu selain karena keterbatasan alat, budaya pada masyarakat juga tidak mendukung seseorang berada dalam kondisi tersenyum. Itu alasan mengapa pada foto-foto lama seseorang selalu memasang wajah serius dan tanpa senyum ketika berfoto.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat menyoroti keputusan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk tidak lagi membuka akses warga melihat proses rapat Pemprov DKI. Karena Anies Sandi tidak mengunggah video semacam itu di channel Youtube lagi....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Kabar mengejutkan datang dari Fredrich Yunadi yang tak lain adalah pengacara tersangka kasus megakorupsi pengadaan e KTP, Setya Novanto. Fredrich yang dari awal setia mendampingi Novanto dalam proses penyidikan KPK tiba tiba saja memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengacara Ketua DPR tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)