SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inspiratif, Kampus Ini Wajibkan Mahasiswanya Tanam 5 Pohon Sebagai Syarat Kelulusan

Rabu, 24 Februari 2016 19:18 by reinasoebisono | 2273 hits
Inspiratif, Kampus Ini Wajibkan Mahasiswanya Tanam 5 Pohon Sebagai Syarat Kelulusan
Image source: uns.ac.id

DREAMERS.ID - Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, menerapkan aturan unik untuk syarat kelulusan mahasiswanya. Calon sarjana diwajibkan menanam dan merawat lima pohon sebelum wisuda. Bibit pohon akan disediakan pihak kampus, dan ditanam di beberapa desa binaan di Boyolali dan Karanganyar. Mereka diwajibkan memelihara kelima pohon hingga lulus kuliah.

"Saat pengambilan yudisium, mereka harus menyertakan hasil penanaman dan pemeliharaan pohon yang mereka tanam. Kalau mati, ya diganti yang baru. Kita terus memantau, ada perangkat softwarenya, kita bisa pantau mereka menanam di mana. Dari letak garis bujurnya, letak bujur lintangnya bisa dicek," kata Dekan Fakultas Pertanian UNS, Prof Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS.

Bambang mengatakan, program ini sudah dicanangkan sejak 2013. Namun baru bisa diterapkan kepada mahasiswa tahun kedua. Menurutnya, selain sebagai syarat utama kelulusan, program itu wujud pengabdian kepada masyarakat dan peduli lingkungan.


Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Darsono (tengah) saat berikan bibit secara simbolis kepada salah satu perwakilan mahasiswa (www.uns.ac.id)

"Program ini juga sebagai salah satu upaya untuk mendekatkan Perguruan Tinggi (PT) dengan masyarakat. Mahasiswa sebagai penyedia bibit, sementara masyarakat menyediakan lahan untuk tanaman atau pohon yang dibawa oleh mahasiswa. Di beberapa wilayah, ini juga bisa menambah penghasilan bagi masyarakat di desa binaan," ujar Bambang.

Baca juga: Wah, Mahasiswa Akan Diwajibkan Tanam 5 Pohon Sebagai Syarat Kelulusan

Bambang menambahkan, jenis bibit pohon disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat. Ada tanaman buah-buahan seperti mangga dan matoa, ada juga jenis yang langka, seperti jati, jabon (jati kebon), dan sengon.

"Kami terus memantau program ini. Mahasiswa juga berkewajiban melaporkannya secara online. Program ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Selain untuk mensukseskan program green campus dan hutan pendidikan, program ini juga untuk mensukseskan tanam satu juta pohon yang dicanangkan oleh pemerintah," tutup Bambang.

[ary]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)