SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tentukan Karir, Simak Tips Pilih Jurusan yang Tepat Saat Masuk Kuliah

Rabu, 24 Februari 2016 16:33 by zia92 | 2882 hits
Tentukan Karir, Simak Tips Pilih Jurusan yang Tepat Saat Masuk Kuliah
Image source: nytimes.com

DREAMERS.ID - Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat, pasti banyak pelajar yang memilih untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dengan masuk perguruan tinggi atau universitas.

Terlepas dari memilih universitas apa dan di mana, menentukan jurusan apa yang ingin diambil mungkin lebih sulit dari yang diperkirakan. Karena biasanya jurusan di perkuliahan akan menentukan karir di masa depan.

Agar tak bingung, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memilih jurusan yang tepat saat masuk perguruan tinggi, mengutip laman Huffington Post.

1. Pikirkan minat
Langkah pertama dalam memilih jurusan yang tepat adalah menentukan hal apa yang paling diminati. “Pelajari siapa dirimu dan apa yang kau sukai,” kata Karen Evans, seorang asisten dekan dan direktur pengembangan karir di Albright College Reading, Pennsylvania.

Untuk menidentifikasi apa yang disukai, Evans menyarankan calon mahasiswa untuk bertanya ke pusat karir untuk mengevaluasi diri. Dia juga merekomendasikan untuk melihat pekerjaan atau hal-hal yang sudah pernah dilakukan dan pelajaran yang disukai.

2. Evaluasi kepercayaan dan nilai-nilai dasar
Jika kamu termasuk yang suka menolong orang, coba pikirkan untuk masuk jurusan yang berhubungan dengan pekerjaan sosial. Dan jika kamu seorang pemecah masalah yang menikmati teka-teki, pertimbangkan untuk masuk jurusan teknik, filsafat, matematika, atau IPA (sains).

Dan pada akhirnya, bagaimana kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini adalah berdasarkan pada nilai-nilai pribadi yang diyakini.

Baca juga: Inilah 9 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Namun Banyak Dibutuhkan Perusahaan

3. Ambil kursus pengantar tentang jurusan yang diambil
Jika sudah mulai mengetahui minat yang diinginkan, tak ada salahnya untuk mengambil kursus pengantar agar kamu lebih mengetahui jurusan yang diambil sebelum benar-benar menekuninya di bangku perkuliahan. Setelah itu kamu akan mengetahui apakah jurusan tersebut benar-benar cocok atau ingin beralih ke yang lain.

4. Minta bantuan penasihat atau orang mengenalmu dengan baik
Teman-teman dan dosen bisa menjadi sekutu yang sangat penting dalam perkuliahan. “Cari guru yang menginspirasi, memotivasi, dan mendorongmu untuk bekerja keras dan bersemangat dalam bidang akademis,” kata Timothy O'Donnell, seorang dosen komunikasi di University of Mary Washington di Fredericksburg , Virginia.

5. Periksa persyaratan
Setelah mempersempit fokus untuk beberapa jurusan, lihat persyaratan sarjana, silabus, dan hal-hal yang berhubungan lainnya. Dan periksa juga apa ada kelas pra-syarat yang perlu diambil.

6. Ikuti mimpimu
“Saat mahasiswa berada di bidang yang menarik perhatian mereka, mereka merasa lebih bersemangat dan suka terlibat sepenuhnya dengan bahan yang dipelajari,” kata Santos.

Ketika memilih jurusan, Kate Lehman, seorang asisten dekan di Universitas di Westerville, Ohio juga menekankan pentingnya melakukan apa yang disukai.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)