SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sambut Gerhana Matahari Total, PT Pos Indonesia Terbitkan Perangko Edisi Khusus

Rabu, 24 Februari 2016 10:32 by zia92 | 2719 hits
Sambut Gerhana Matahari Total, PT Pos Indonesia Terbitkan Perangko Edisi Khusus
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Fenomena alam gerhana matahari total (GMT) akan segera menyapa bumi Indonesia pada 9 Maret mendatang. Fenomena langka ini menjadi sangat istimewa karena bisa disaksikan secara langsung di beberapa wilayah di Indonesia.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, GMT ini diprediksi bisa terlihat di 10 provinsi di Indonesia, yaitu Palembang (Sumsel), Bangka Belitung (Babel), Sampit (Kalimantan Tengah), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate hingga Halmahera (Maluku Utara).

Daerah lain di Indonesia juga bisa menyaksikan gerhana matahari, namun bukan gerhana matahari total, melainkan gerhana matahari sebagian. Kota-kota tersebut adalah Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon. Di Jakarta, gerhana matahari sebagian terjadi mulai pukul 6.19 WIB.


Image source: detik.com

Untuk menyambut fenomena langka itu, PT Pos Indonesia (Persero) menerbitkan perangko edisi khusus. Gambar pada perangko edisi khusus ini memperlihatkan proses tahap demi tahap terbentuknya Gerhana Matahari Total.

Manajer Filateli PT Pos Indonesia di Bandung, Tata Sugiarta mengatakan, perangko baru itu terdiri dari tiga desain yang merupakan proses gerhana. Gambar pertama berupa matahari sabit yang berhadapan dengan wajah Batara Kala. Gambar kedua ketika terjadi gerhana matahari total dan tampak Batara Kala sedang memakan matahari yang hitam dari arah atas.

Gambar ketiga atau terakhir menunjukkan tahapan selesainya gerhana dengan wajah Batara Kala di sisi kanan matahari sabit. Gambar hitam dan putih itu berlatar kepulauan wilayah Indonesia yang berwarna kuning kehijauan. “Kami meminta tim desainer dari Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB untuk membuatnya,” kata Tata, Sabtu (20/2).

(fzh/LAPAN/republika)

Komentar
  • HOT !
    Menteri Agama Lukman Hakim sempat disoraki oleh sebagian massa Aksi Bela Palestina sebelum dirinya melakukan orasi. Namun saat ditanya apa yang menyebabkan massa melakukan hal tersebut, Lukman mengaku tidak tahu dan merasa biasa saja....
  • HOT !
     Natal segera tiba sebagai hari Raya umat Kristinani yang memperingati hari lahir Yesus. Namun momen tersebut pun tidak lepas dari sosok Bunda Maria. Seperti yang dilakukan seorang seniman asal Kebumen, Jawa Tengah bernama Eddy Ruswanto....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)