SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Alasan Korea Selatan Larang Warganya Makan di Restoran Korea Utara

Jumat, 19 Februari 2016 10:15 by reinasoebisono | 3066 hits
Ini Alasan Korea Selatan Larang Warganya Makan di Restoran Korea Utara
Image source: Mouono Kore

DREAMERS.ID - Situasi memanas atas ditutupnya kawasan industri Kaesong yang juga lokasi zona industri bersama berbuntut panjang. Setelah Korea Utara mengusir seluruh warga Korsel yang jadi pegawai di sana, kini giliran Korea Selatan yang ambil tindakan.

Negeri gingseng itu menghimbau seluruh warganya untuk tidak makan di restoran Korea Utara terutama saat di luar negeri. Diperkirakan ada 130 restoran yang dimiliki Pyongyang dan tersebar di 12 negara.

Alasan Korea Selatan mengumumkan pelarangan ini adalah karena diduga dana yang mengalir dari luar negeri terutama dari restoran-restoran tersebut digunakan untuk pengembangan senjata pembunuh massal yang dijalankan Korea Utara.


Salah satu restoran Korea Utara (foodamentals.com)

“Kami meminta misi diplomatik untuk memastikan warga kami bekerjasama dengan pemerintah tentang rumah makan Pyongyang (Korea Utara),” kata himbauan resmi tersebut mengutip Korea Times.

Tidak hanya itu, pelarangan ini juga bertujuan untuk memotong aliran mata uang negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu. Diperkirakan ada 2.000 karyawan bekerja di restoran Korea Utara yang didominasi oleh wanita berusia 20 tahunan.

Ciri-ciri restoran Korea Utara adalah pegawainya yang memakai seragam atau baju tradisional Korea saat melayani pelanggan. Mereka juga menari dan menyanyikan lagu kebangsaan Korea Utara untuk pengunjung yang datang pada malam hari.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Memiliki kemampuan menguasasi berbagai bahasa memang sangat berguna, baik itu untuk karier ataupun bersosialisasi. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari berbagai bahasa di dunia dan ingin mengetahui apa yang paling cepat dan paling lama untuk dipelajari, Foreign Service Institute telah menyortir bahasa bahasa utama di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)