SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

33 Orang Terlibat Bom di Sarinah, Ada Kucuran Dana Rp1,3 M dari Irak dan Turki

Selasa, 16 Februari 2016 11:22 by zia92 | 2326 hits
33 Orang Terlibat Bom di Sarinah, Ada Kucuran Dana Rp1,3 M dari Irak dan Turki
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Pihak kepolisian masih terus menyelidiki pihak-pihak yang terkait dengan aksi teror di Jalan Thamrin, Sarinah, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti pun menyebut ada 33 orang yang terlibat, baik secara langsung atau tidak langsung.

Menurut laporan, ada 17 orang yang terkait langsung dengan aksi yang dilakukan di jantung ibu kota tersebut. "Yang tidak terkait langsung ada 16 orang termasuk enam napi teror di Nusakambangan dan Tangerang," kata Kapolri Jenderal Badrodin di Gedung DPR RI, Senin (15/2), melansir laman Merdeka.

Mereka terbagi dalam tiga kelompok. Pertama, kelompok Hendro yang mendapat kucuran dana sebesar Rp 1,3 Miliar dari Yordan, Irak dan Turki. Dana ini sebagian dikirim ke Filipina, dan Poso dan diambil secara tunai. "Kelompok Hendro ini punya 9 pucuk senjata api dari lapas Tangerang, cuma pelurunya enggak ada," ucapnya.

Kedua adalah kelompok Helmi. Kelompok Helmi ini rencananya menggunakan bom mobil untuk menjalankan aksi teror di Polda Metro Jaya. Kelompok Helmi berhasil ditangkap di Sumedang, Jawa Barat. Dan ketiga adalah Kelompok Indramayu. Sasaran utama mereka adalah anggota Polri di Jalan Raya dengan menggunakan senjata tajam dan besi. "Ini rencana mereka," jelasnya.

Selain tiga kelompok tersebut, pada malam tahun baru, polisi juga mengamankan kelompok lain (tak bergabung ke tiga kelompok tersebut) yakni kelompok Abu Musyak di Bekasi, Jawa Barat. Rencana awal, mereka akan beraksi di malam tahun baru. Namun kekurangan biaya. "Bom mereka ini biayanya sangat minim, mereka kekurangan biaya, hanya Rp 900.000," ungkapnya.

Dari kondisi itu, Kapolri mengaku ancaman terorisme akan terus terjadi. Sebab, banyak kelompok yang masih berhubungan dengan Bahrun Naim. "Mereka lakukan motivasi dan jihad. Selain itu, mereka ajarin juga cara buat bom. Terus siapapun yang siap akan dikirim biayanya," tutupnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....
  • HOT !
    Sosok seorang pangeran dari Arab Saudi jadi pembicaraan viral lantaran terungkap menjadi pembeli lukisan Yesus Kristus yang diklaim sebagai yang termahal di dunia. Kegiatannya ini disebut berpotensi memicu kontroversi karena perilakunya dianggap tak Islami....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)