SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sedang Tren, Muslim Malaysia Cari Jodoh Lewat Kencan Kilat Halal

Senin, 15 Februari 2016 10:00 by zia92 | 1802 hits
Sedang Tren, Muslim Malaysia Cari Jodoh Lewat Kencan Kilat Halal
Image source: english.ast

DREAMERS.ID - Proses kencan kilat yang sesuai syariat Islam sedang marak dilakukan di Malaysia. Proses perjodohan ini menyerupai ta'aruf, namun ada komunikasi yang cukup intens antara pihak lelaki dan perempuan di satu meja.

Berbeda dari kencan biasa, setiap pasangan harus ditemani oleh muhrimnya, rata-rata membawa keluarga atau malah sekalian orang tua.

Channel News Asia melaporkan, Sabtu (13/2), proses kencan kilat ini makan waktu maksimal lima menit. Pihak lelaki dan perempuan dipersilakan membicarakan apapun. Setelah waktu habis, mereka harus bertukar meja menemui calon lain. Nanti pengelola acara akan menanyakan kecocokan kepada masing-masing pihak.

Jika ada yang dirasa cocok, maka calon lelaki akan menghubungi ayah dari calon perempuan yang berada di lokasi untuk tindak lanjutnya.

Pengagas kencan kilat halal, Munirah Tunai, menyatakan kegiatan ini sebatas mewadahi kebutuhan perjodohan di Malaysia sesuai syariat Islam. Tunai adalah alumnus kegiatan serupa, sehingga sukses menikah dengan suaminya saat ini, Zuhri Yuhyi, hanya lima bulan selepas kencan.

"Kami mengharapkan setiap pasangan membawa orang tua masing-masing, terutama ayah, karena dalam Islam, ayah adalah wali nikah utama," kata Tunai.

Kencan kilat halal yang dihelat oleh Tunai dan suaminya berawal dari aplikasi online. Pasangan mendaftarkan identitas personalnya agar bisa terlibat dalam kegiatan perjodohan. Sejauh ini, situs yang dikelola Tunai memiliki 5.700 anggota, kebanyakan pekerja kelas menengah antara 25 hingga 35 tahun yang tidak punya waktu mencari pasangan hidup.

Dari tiga kali kegiatan kencan, sudah ada 20 pasangan merencanakan menikah dalam waktu dekat. "Tapi kami selalu mengingatkan agar tidak ada kencan di luar kegiatan ini," imbuh Tunai.

Peserta kencan kilat halal bukan cuma dari Malaysia. Muslim asal Singapura pun turut serta dalam perjodohan ini. [ard]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)