SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Selatan Tutup Pabrik Bersama Kaesong, Korea Utara Cium Deklarasi Perang

Kamis, 11 Februari 2016 23:00 by reinasoebisono | 1548 hits
Korea Selatan Tutup Pabrik Bersama Kaesong, Korea Utara Cium Deklarasi Perang
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Korea Selatan memutuskan untuk menutup zona industri bersama, Kaesong. Hal ini membuat berang pihak Korea Utara karena Kaesong adalah salah satu pemasok investasi besar untuk negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un tersebut.

Korea Utara mengklaim telah mengusir seluruh warga Korsel di kompleks industri Kaesong dan membekukan semua aset perusahaan yang beroperasi di sana. Padahal, Korut menyebutkan jika Kaesong yang dijalankan Korsel adalah simbol kerja sama selama lebih dari 1 dekade.

“Tindakan kelompok boneka (Korsel) untuk benar-benar menangguhkan operasi (di Kaesong) dan mempersalahkan uji coba bom H (Hidrogen) dan peluncuran satelit (jadi hal yang) tak terampuni,” ungkap Komite Korea Utara untuk Reinufikasi Damai Korea.

Sikap penutupan kawasan industri ini disesalkan oleh Korea Utara yang menjadikan mereka semakin siaga dan bersiap untuk perang dan tidak menutup kemungkinan melanjutkan upaya percobaan nuklir serta bom hidrogen.

Baca juga: Diam-diam Presiden Korsel Moon Jae In dan Kim Jong Un Kembali Bertemu!

Setelah pengusiran, pihak Korea Selatan menyatakan bahwa prioritas mereka adalah memastikan semua warganya kembali dengan aman. Penutupan taman industri ini membuat seluruh aktivitas 124 perusahaan Korsel otomatis terhenti.

Hal ini dianggap merugikan Korea Utara karena selain kehilangan pemasukan negara, warga Korut yang tinggal di kompleks Kaesong hidup layaknya warga Korsel yang menikmati makanan enak dan fasilitas layak yang jadi kemewahan di Korea Utara.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, hasil komoditi dari pabrik-pabrik Kaesong terutama produk Korea Utara justru laris di Korea Selatan. Penutupan oleh Korsel ini didasari sikap penolakan Korut yang melakukan uji coba bom Hidrogen.

(rei/CNN)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)