SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Selatan Tutup Pabrik Bersama Kaesong, Korea Utara Cium Deklarasi Perang

Kamis, 11 Februari 2016 23:00 by reinasoebisono | 1497 hits
Korea Selatan Tutup Pabrik Bersama Kaesong, Korea Utara Cium Deklarasi Perang
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Korea Selatan memutuskan untuk menutup zona industri bersama, Kaesong. Hal ini membuat berang pihak Korea Utara karena Kaesong adalah salah satu pemasok investasi besar untuk negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un tersebut.

Korea Utara mengklaim telah mengusir seluruh warga Korsel di kompleks industri Kaesong dan membekukan semua aset perusahaan yang beroperasi di sana. Padahal, Korut menyebutkan jika Kaesong yang dijalankan Korsel adalah simbol kerja sama selama lebih dari 1 dekade.

“Tindakan kelompok boneka (Korsel) untuk benar-benar menangguhkan operasi (di Kaesong) dan mempersalahkan uji coba bom H (Hidrogen) dan peluncuran satelit (jadi hal yang) tak terampuni,” ungkap Komite Korea Utara untuk Reinufikasi Damai Korea.

Sikap penutupan kawasan industri ini disesalkan oleh Korea Utara yang menjadikan mereka semakin siaga dan bersiap untuk perang dan tidak menutup kemungkinan melanjutkan upaya percobaan nuklir serta bom hidrogen.

Baca juga: Tepis Dinginnya Musim Dingin Korea dengan Berendam di Spa Nyaman dan Menyehatkan Kulit!

Setelah pengusiran, pihak Korea Selatan menyatakan bahwa prioritas mereka adalah memastikan semua warganya kembali dengan aman. Penutupan taman industri ini membuat seluruh aktivitas 124 perusahaan Korsel otomatis terhenti.

Hal ini dianggap merugikan Korea Utara karena selain kehilangan pemasukan negara, warga Korut yang tinggal di kompleks Kaesong hidup layaknya warga Korsel yang menikmati makanan enak dan fasilitas layak yang jadi kemewahan di Korea Utara.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, hasil komoditi dari pabrik-pabrik Kaesong terutama produk Korea Utara justru laris di Korea Selatan. Penutupan oleh Korsel ini didasari sikap penolakan Korut yang melakukan uji coba bom Hidrogen.

(rei/CNN)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)