home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kalah Saing Harga Produk Jadi Alasan Toshiba Tutup Pabriknya di Indonesia

Sabtu, 06 Februari 2016 14:10 by Dits | 1849 hits
Kalah Saing Harga Produk Jadi Alasan Toshiba Tutup Pabriknya di Indonesia
image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Perusahaan besar asal Jepang, Toshiba belum lama ini menutup pabrik mesin cuci dan televisinya di Indonesia. Pabrik tersebut akan diakuisisi oleh perusahaan asal China, Skyworth Corp.

Dikutip dari laman Merdeka, menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian Haris Munandar, pelepasan pabrik oleh Toshiba dikarenakan pihaknya kalah saing dengan produk sejenis dari China atau Korea Selatan, khususnya dari segi harga.

"Orang Indonesia kan yang penting harganya, kualitas dinomorduakan. Ibu-ibu kalau ada yang lebih murah akan dicari ke sana, padahal jaraknya lebih jauh, ongkosnya lebih mahal," ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (5/2).

Namun diakuinya, jika dilihat dari sisi kualitas, produk Jepang tetap lebih baik. "Sedangkan kecenderungan orang Indonesia lebih memilik barang dengan harga yang murah meski kualitasnya tidak menjanjikan," tuturnya.

Dia mengungkapkan Toshiba sebetulnya telah mencapai kata sepakat dengan Skyworth sejak tahun lalu. "Jadi kalau dilihat dari tahun lalu, memang sudah ada tanda-tanda Toshiba akan diakuisi oleh perusahaan asal China, Skyworth. Nilai akuisisnya sekitar RMB 3 miliar," kata Haris.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)