home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Unik, Tradisi Imlek Ini Buat Warga Singapura Transfer Angka Hoki ke Rekening Sendiri

Jumat, 05 Februari 2016 10:32 by reinasoebisono | 2101 hits
Unik, Tradisi Imlek Ini Buat Warga Singapura Transfer Angka Hoki ke Rekening Sendiri
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Pemandangan unik kerap terjadi di Singapura jelang perayaan Tahun Baru China atau Imlek. Bukan antrian membeli tiket konser atau perilisan gadget anyar terbaru, tapi antrian panjang di depan mesin ATM untuk mengirim sejumlah uang ke rekeningnya sendiri.

Uang yang ditransfer bukanlah uang biasa, namun sejumlah uang yang merepresentasikan angka hoki tahun ini. Sejumlah warga Singapura peranakan Tionghoa pun memenuhi antrian untuk menyetor uang pada hari pertama musim semi tradisional.

Bukan hanya mengirim sejumlah uang angka hoki saja, namun waktu transaksi juga disesuaikan dengan prediksi hoki agar mendapat keberuntungan.

Salah satu warga Singapura, Clara mengatakan, angka keberuntungannya tahun ini adalah 7, karena itu ia mengirimkan uang sebesar 700 dolar Singapura ke rekeningnya. Ia bahkan rela mengantri 20 menit di ATM, di mana waktu tersebut terlibat cukup lama untuk Singapura.

Baca juga: Intip Sederet Tradisi Unik Sambut Bulan Ramadhan di Berbagai Daerah Indonesia (Part 2)

Belum ada penjelasan sejak kapan kegiatan transfer ke rekening sendiri ini dimulai, tapi petunjuk menentukan nomor keberuntungan dan waktu yang tepat untuk setoran telah tersebar ke seluruh Singapura. Kepercayaan ini disebut-sebut erat kaitannya dengan fengshui.

Namun tidak sedikit yang menganggap kegiatan itu adalah mitos belaka. Sementara itu, perayaan Imlek di Singapura biasanya dihabiskan untuk berkumpul bersama keluarga sambil menyantap hidangan kuliner tradisional, serta berdoa untuk 1 tahun yang penuh keberuntungan.

(rei/Republika)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)