SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Unik, Tradisi Imlek Ini Buat Warga Singapura Transfer Angka Hoki ke Rekening Sendiri

Jumat, 05 Februari 2016 10:32 by reinasoebisono | 1566 hits
Unik, Tradisi Imlek Ini Buat Warga Singapura Transfer Angka Hoki ke Rekening Sendiri
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Pemandangan unik kerap terjadi di Singapura jelang perayaan Tahun Baru China atau Imlek. Bukan antrian membeli tiket konser atau perilisan gadget anyar terbaru, tapi antrian panjang di depan mesin ATM untuk mengirim sejumlah uang ke rekeningnya sendiri.

Uang yang ditransfer bukanlah uang biasa, namun sejumlah uang yang merepresentasikan angka hoki tahun ini. Sejumlah warga Singapura peranakan Tionghoa pun memenuhi antrian untuk menyetor uang pada hari pertama musim semi tradisional.

Bukan hanya mengirim sejumlah uang angka hoki saja, namun waktu transaksi juga disesuaikan dengan prediksi hoki agar mendapat keberuntungan.

Salah satu warga Singapura, Clara mengatakan, angka keberuntungannya tahun ini adalah 7, karena itu ia mengirimkan uang sebesar 700 dolar Singapura ke rekeningnya. Ia bahkan rela mengantri 20 menit di ATM, di mana waktu tersebut terlibat cukup lama untuk Singapura.

Belum ada penjelasan sejak kapan kegiatan transfer ke rekening sendiri ini dimulai, tapi petunjuk menentukan nomor keberuntungan dan waktu yang tepat untuk setoran telah tersebar ke seluruh Singapura. Kepercayaan ini disebut-sebut erat kaitannya dengan fengshui.

Namun tidak sedikit yang menganggap kegiatan itu adalah mitos belaka. Sementara itu, perayaan Imlek di Singapura biasanya dihabiskan untuk berkumpul bersama keluarga sambil menyantap hidangan kuliner tradisional, serta berdoa untuk 1 tahun yang penuh keberuntungan.

(rei/Republika)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Memiliki kemampuan menguasasi berbagai bahasa memang sangat berguna, baik itu untuk karier ataupun bersosialisasi. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari berbagai bahasa di dunia dan ingin mengetahui apa yang paling cepat dan paling lama untuk dipelajari, Foreign Service Institute telah menyortir bahasa bahasa utama di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)