SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Unik, Tradisi Imlek Ini Buat Warga Singapura Transfer Angka Hoki ke Rekening Sendiri

Jumat, 05 Februari 2016 10:32 by reinasoebisono | 1636 hits
Unik, Tradisi Imlek Ini Buat Warga Singapura Transfer Angka Hoki ke Rekening Sendiri
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Pemandangan unik kerap terjadi di Singapura jelang perayaan Tahun Baru China atau Imlek. Bukan antrian membeli tiket konser atau perilisan gadget anyar terbaru, tapi antrian panjang di depan mesin ATM untuk mengirim sejumlah uang ke rekeningnya sendiri.

Uang yang ditransfer bukanlah uang biasa, namun sejumlah uang yang merepresentasikan angka hoki tahun ini. Sejumlah warga Singapura peranakan Tionghoa pun memenuhi antrian untuk menyetor uang pada hari pertama musim semi tradisional.

Bukan hanya mengirim sejumlah uang angka hoki saja, namun waktu transaksi juga disesuaikan dengan prediksi hoki agar mendapat keberuntungan.

Salah satu warga Singapura, Clara mengatakan, angka keberuntungannya tahun ini adalah 7, karena itu ia mengirimkan uang sebesar 700 dolar Singapura ke rekeningnya. Ia bahkan rela mengantri 20 menit di ATM, di mana waktu tersebut terlibat cukup lama untuk Singapura.

Belum ada penjelasan sejak kapan kegiatan transfer ke rekening sendiri ini dimulai, tapi petunjuk menentukan nomor keberuntungan dan waktu yang tepat untuk setoran telah tersebar ke seluruh Singapura. Kepercayaan ini disebut-sebut erat kaitannya dengan fengshui.

Namun tidak sedikit yang menganggap kegiatan itu adalah mitos belaka. Sementara itu, perayaan Imlek di Singapura biasanya dihabiskan untuk berkumpul bersama keluarga sambil menyantap hidangan kuliner tradisional, serta berdoa untuk 1 tahun yang penuh keberuntungan.

(rei/Republika)

  • HOT !
    Perpres Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, resmi diteken oleh Presiden Jokowi. Yang terbaru, Perpres tersebut mengatur hak keuangan para kepala dan anggotanya. Perpres No 42 Tahun 2018 ini mengatur tentang hak keuangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di mana Kepala BPIP diduduki oleh Megawati Soekarnoputri dengan hak keuangan mencapai Rp112 juta....
  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
     Euforia mudik diprediksi mulai lebih awal karena libur dan cuti bersama dari pemerintah yang juga sudah ditetapkan dari beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan sudah jadi tradisi jika mudik identik dengan kemacetan....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)