SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diprotes Wali Kota Tangerang, Penyebutan Bandara Soekarno-Hatta Kini Tak Lagi di Jakarta

Kamis, 04 Februari 2016 14:40 by zia92 | 1832 hits
Diprotes Wali Kota Tangerang, Penyebutan Bandara Soekarno-Hatta Kini Tak Lagi di Jakarta
Image source: beritatrans

DREAMERS.ID - Selama ini Bandara Soekarno-Hatta kerap disebut bagian dari Cengkareng, Jakarta Barat. Seluruh awak kabin maskapai selalu mengatakan 'Mendarat di Jakarta' saat sampai di bandara itu. Namun, penyebutan lokasi Bandara Soekarno-Hatta pun diprotes.

Hal itu sudah berlangsung sejak dua tahun lalu. Saat itu, keberatan dinyatakan langsung oleh Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah pada Oktober 2014. Dia pernah berharap kepada Presiden Joko Widodo sudi mengubah nama Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng menjadi Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang.

"Kita mau menyampaikan surat, Soekarno Hatta Cengkareng adanya di Tangerang, karena lokasinya ada di Kota Tangerang. Ganti jadi Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang. Kita ingin masyarakat bangga bahwa bandara internasional ini berada di Kota Tangerang yang merupakan bagian dari NKRI," kata Arief saat itu.

Arief berpendapat, penyebutan lokasi Cengkareng, Jakarta, tidak tepat karena Bandara Soekarno-Hatta berada di Tangerang. Arief juga sempat meminta kode CGK buat Bandara Soekarno-Hatta diganti menjadi TNG. Memang jika dilihat dari posisi geografis dan peta wilayah, memang sejak dulu bandara itu masuk dalam Tangerang.

Dua tahun berselang, keberatan Arief baru digubris. Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi mengatakan, sudah mengirim surat edaran ke berbagai pihak terkait klarifikasi keberadaan Bandara Soekarno-Hatta. Menurut dia, fasilitas itu memang berada di Tangerang, Banten, bukan di Jakarta.

"Buat surat edaran kepada semua airline (maskapai) dan pihak lainnya, kalau Bandara Soekarno-Hatta bukan di Cengkareng, tapi di Tangerang. Kita lakukan itu karena memang letak bandara di Tangerang, dan kita menghormati hal itu," kata Budi pada akhir Januari lalu.

Baca juga: Ke Bandara Soetta Lebih Baik Naik Kereta Baru Ini, Di Mana Saja Pemberhentiannya?

Secara terpisah, Manajer Humas PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano mengatakan, isi edaran itu meminta semua maskapai penerbangan mengubah penyampaian kalimat selamat datang. Yaitu dari semula 'Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta', menjadi 'Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten'.

"Semua papan informasi juga akan diubah menyertakan keterangan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten," kata Yado. Hanya saja, menurut Budi, kode CGK buat Bandara Soekarno-Hatta tidak bakal diganti. Sebab sudah masuk dalam kode penerbangan internasional. Sehingga, kode itu kemungkinan besar dipertahankan.

Menanggapi hal itu, sejumlah maskapai penerbangan mengaku tidak masalah. Seperti disampaikan Manajer Humas Sriwijaya Air, Agus Sudjono. "Ya enggak masalah kan. Belum cek (surat edaran) saya. Jangan-jangan Bandara Juanda juga ganti jadi Sidoarjo, ya?" kata Agus sembari mempertanyakan kebijakan itu.

Sementara Humas maskapai AirAsia, Audrey Progastama, mengaku sudah menerima surat edaran itu dan menerapkannya dalam operasional sehari-hari. Penerapan terutama tentang penyampaian kalimat selamat datang kepada penumpang, di dalam kabin pesawat AirAsia saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami sudah menyesuaikan pengumuman di pesawat, sejalan dengan surat edaran dari pengelola bandara. Hal tersebut tidak menjadi masalah karena juga tidak mengganggu operasional," kata Audrey.

Sama dengan Audrey, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero), Arif Wibowo, menilai tidak ada masalah dengan pengubahan pengumuman lokasi Bandara Soekarno-Hatta. Menurut dia, sebagai penumpang, seharusnya sudah tahu akan bepergian ke mana sehingga tidak masalah jika kalimat selamat datangnya berubah. "Yang penting penumpang tahu ke mana tujuannya. Saya rasa tidak masalah," kata Arif. [ary]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Seorang seleb media sosial semacam Instagram, Yong Ning terpaksa harus mengakhiri aksi aksi berbahayanya. Pria asal China tersebut diketahui tewas mengenaskan setelah melakukan aksi maut saat hendak mengambil gambar dari gedung tinggi....
  • HOT !
    Ritual yang dilakukan kepala negara sebelum mengambil keputusan penting biasanya berupa rapat darurat, konsultasi atau hal lainnya sehubungan konsep strategis yang akan diambil. Namun berbeda dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang dikabarkan justru selalu mendaki gunung....
  • HOT !
    Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan roda empat di Tol Cawang KM 00, Jakarta Timur sekitar pukul 04.20.  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara menyampaikan ada 13 korban karena kecelakaan maut tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)