SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Puluhan Restoran di Negara Ini Ketahuan Ganti Penyedap Rasa dengan Opium!

Rabu, 27 Januari 2016 11:05 by zia92 | 1274 hits
Duh, Puluhan Restoran di Negara Ini Ketahuan Ganti Penyedap Rasa dengan Opium!
Image source: eatthis.com

DREAMERS.ID - Otoritas Makanan dan Obat-Obatan Cina menemukan perilaku nakal restoran di negaranya. Beberapa tempat makan terbukti mencampur penyedap rasa dengan zat adiktif supaya para pelanggan kecanduan.

Salah satu bahan yang banyak digunakan adalah opium sebagai ganti MSG. Seperti yang dilansir dari laman Mirror pada Minggu (24/1), dilaporkan bahwa sebagian restoran bahkan memakai morfin atau kodein untuk meningkatkan kelezatan masakannya.

Badan Obat-Obatan dan Makanan Cina menggerebek setidaknya 35 restoran yang diduga kuat mencampur zat adiktif kepada masakannya. Dari jumlah itu, 25 dipastikan bersalah lalu akan diseret ke pengadilan. Sementara 10 lainnya masih dalam penyelidikan lanjutan.

Pakar Makanan dan Nutrisi Universitas Pertanian Cina, Luo Yunbo, mengkhawatirkan kesehatan para pelanggan restoran nakal itu dalam jangka panjang. Tidak jelas sejak kapan para pengusaha kuliner ini mengoplos narkotika dalam bumbu penyedap. "Dampak kecanduan ini tidak langsung terasa bagi konsumen," ujarnya.

Perilaku mengoplos opium dan masakan ini dilakukan mulai dari pengusaha kaki lima sampai restoran kondang. Dikabarkan restoran mewah spesialis masakan lobster seperti 'Huda' di Ibu Kota Beijing, kini tutup akibat skandal itu terkuak.

Tindakan mengoplos opium dan bumbu masak cukup rutin dilakukan di Negeri Tirai Bambu. Beberapa juru masak sejak 2012 pernah ditangkap polisi karena diduga mencampur zat adiktif agar konsumen terus setia pada masakan mereka. Untuk 2014 saja, ada 215 restoran yang diawasi otoritas Cina.

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)