SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Balik Canggihnya Gadget Apple dan Samsung, Ada Cucuran Keringat Anak Di Bawah Umur

Jumat, 22 Januari 2016 23:00 by zia92 | 5172 hits
Di Balik Canggihnya Gadget Apple dan Samsung, Ada Cucuran Keringat Anak Di Bawah Umur
Image source: usuncut.com

DREAMERS.ID - Sebagai pengguna, mungkin kita tak tidak begitu peduli dengan siapa pembuat dan perakit smartphone yang kita miliki, atau bahkan siapa orang yang mencari bahan baku pembuatannya. Namun sebuah fakta mengejutkan baru saja terungkap terkait perusahaan smartphone raksasa.

Baru-baru ini, lembaga hak asasi manusia Amnesty International menggugat banyak perusahaan smartphone besar seperti Apple, Samsung, Microsoft, LG, Sony, Lenovo atas penggunaan kobalt yang berasal dari pemasok yang mempekerjakan anak-anak di bawah umur, bahkan sampai usia 7 tahun.

Kobalt sendiri merupakan sejenis logam tambang berwarna perak yang banyak dipakai sebagai bahan baku baterai gadget mobile.

"Etalase-etalase glamor berisi gadget dan pemasaran mewah teknologi saat ini sangat kontras dengan gambaran anak-anak yang menggotong karung besar berisi batu dan penambangan yang merayap dalam terowongan buatan tangan, mengabaikan resiko penyakit paru-paru yang bisa mereka derita," ujar Mark Dummett, ilmuwan dari Amnesty International, mengutip Merdeka.

Baca juga: Dibongkar, Apple Ternyata Gunakan Dua Baterai untuk iPhone X!

Menurut lembaga tersebut, saat ini setidaknya ada 40.000 anak-anak yang bekerja di tambang-tambang kobalt di Kongo. Yang lebih tak berperi kemanusiaan, gaji anak-anak itu pasca 12 jam bekerja hanya USD 1 atau Rp 13 ribuan. Bandingkan dengan keuntungan miliaran dollar yang dikantongi perusahaan-perusahaan smartphone itu.

Memang, sekitar 50 persen kobalt yang digunakan untuk baterai Li-Ion berasal dari negara-negara di Afrika. Jadi, ada kemungkinan besar kalau baterai smartphone yang kamu gunakan saat ini berasal dari keringat anak-anak penambang di Afrika.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)