SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Desak Pembuatan Patung Budak Seks di Busan, Kelompok Aktivis Ini Galang Dana Hingga 600 Juta

Jumat, 22 Januari 2016 11:00 by reinasoebisono | 2175 hits
Desak Pembuatan Patung Budak Seks di Busan, Kelompok Aktivis Ini Galang Dana Hingga 600 Juta
Image source: businessins

DREAMERS.ID - Korea Selatan memang memiliki sejarah kelam bersama Jepang, seperti Indonesia. Sempat dijajah oleh negeri Sakura tersebut meninggalkan luka mendalam untuk Korea Selatan. Bahkan tuntutan permintaan maaf sempat menjadi isu panas di antara kedua negara.

Kini, sekelompok aktivis mendesak pemerintah Korea Selatan untuk menghormati para korban yang dijadikan budak seks Jepang sepanjang masa Perang Dunia II. Penghormatan tersebut diwujudkan dalam bentuk patung.

Patung korban kekejaman seksual Jepang itu menjadi simbol mantan budak seks yang nantinya dibangun di depan gedung Konsulat Jepang yang ada di Busan. Sebelumnya, patung penghormatan serupa telah dibangun di depan Kedutaan Besar Jepang di Seoul.


Patung comfort woman di depan Kedutaan Besar Jepang di Seoul (Daily Mail)

Kelompok aktivis sipil ini berencana meluncurkan penggalangan dana patung korban seksual atau yang sering disebut comfort woman itu pada bulan Maret mendatang dan berusaha untuk menghasilkan total 55 Juta Won atau sekitarRp 630 Juta.

Rencananya, patung penghormatan itu akan dibangun dan selesai pada 15 Agustus yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Korea Selatan setelah lepas dari jajahan Jepang. Namun melansir laman Chosun Ilbo, belum ada tanggapan resmi dari pemerintah Korsel maupun pihak Jepang yang mungkin bisa jadi penentu apakah patung ini memang bertujuan menjadi simbol penghormataan atau sindiran atas perbuatan Jepang dulu.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)