home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Desak Pembuatan Patung Budak Seks di Busan, Kelompok Aktivis Ini Galang Dana Hingga 600 Juta

Jumat, 22 Januari 2016 11:00 by reinasoebisono | 2614 hits
Desak Pembuatan Patung Budak Seks di Busan, Kelompok Aktivis Ini Galang Dana Hingga 600 Juta
Image source: businessins

DREAMERS.ID - Korea Selatan memang memiliki sejarah kelam bersama Jepang, seperti Indonesia. Sempat dijajah oleh negeri Sakura tersebut meninggalkan luka mendalam untuk Korea Selatan. Bahkan tuntutan permintaan maaf sempat menjadi isu panas di antara kedua negara.

Kini, sekelompok aktivis mendesak pemerintah Korea Selatan untuk menghormati para korban yang dijadikan budak seks Jepang sepanjang masa Perang Dunia II. Penghormatan tersebut diwujudkan dalam bentuk patung.

Patung korban kekejaman seksual Jepang itu menjadi simbol mantan budak seks yang nantinya dibangun di depan gedung Konsulat Jepang yang ada di Busan. Sebelumnya, patung penghormatan serupa telah dibangun di depan Kedutaan Besar Jepang di Seoul.


Patung comfort woman di depan Kedutaan Besar Jepang di Seoul (Daily Mail)

Kelompok aktivis sipil ini berencana meluncurkan penggalangan dana patung korban seksual atau yang sering disebut comfort woman itu pada bulan Maret mendatang dan berusaha untuk menghasilkan total 55 Juta Won atau sekitarRp 630 Juta.

Rencananya, patung penghormatan itu akan dibangun dan selesai pada 15 Agustus yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Korea Selatan setelah lepas dari jajahan Jepang. Namun melansir laman Chosun Ilbo, belum ada tanggapan resmi dari pemerintah Korsel maupun pihak Jepang yang mungkin bisa jadi penentu apakah patung ini memang bertujuan menjadi simbol penghormataan atau sindiran atas perbuatan Jepang dulu.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)