home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fenomena Langka, 5 Planet Ini Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi!

Kamis, 21 Januari 2016 12:18 by fzhchyn | 5445 hits
Fenomena Langka, 5 Planet Ini Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi!
Image source: abc.net.au

DREAMERS.ID - Untuk pertama kalinya sejak 11 tahun lalu, lima planet di tata surya bisa dilihat dengan mata telanjang. Kelima planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Menurut EarthSky, mulai tanggal 20 Januari, sekitar subuh, lima planet tersebut bakal berada di posisi nyaris sejajar dan bisa dilihat tanpa teleskop dari Bumi. Fenomena astronomi langka ini disebut bisa dilihat nyaris dari seluruh kawasan Bumi.

Untuk bisa melihatnya, EarthSky mengungkapkan bahwa waktu terbaik untuk menyaksikan kelima planet ini adalah 90-75 menit sebelum matahari terbit. Semakin mendekati 90 menit maka akan semakin baik.


Image source: bbc.co.uk

Luasnya langit tentu membuat kita sulit menemukan posisi kelima planet tersebut. Tapi jika kamu sudah menemukan planet Venus, maka akan mudah melihat keempat planet lainnya. Caranya, arahkan pandangan ke bagian tenggara horizon dekat bulan, jika kamu melihat salah satu benda mirip bintang yang paling terang, kemungkinan besar itu adalah Venus.

Nah, dari Venus itu, arahkan pandangan sedikit ke barat daya untuk melihat Saturnus. Agar lebih mudah, posisikan tangan sejajar dengan horizon Bulan dengan bagian ujung jari pada Venus. Dengan begitu, searah dengan tanganmu (dengan ujung jari berada pada Venus), akan terlihat empat planet lain di sebelah kanannya, yakni Saturnus, Mars, dan Jupiter. Nah, Merkurius berada di sebelah kiri Venus pas.

Baca juga: NASA Mengatakan Masih Ada 300 Juta Planet Yang Bisa Dihuni Oleh Manusia

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat salah satu bintang paling terang, yakni Antares (bintang di jantung gugusan bintang Scorpio), dan Spica. Antares ada di dekat Saturnus, sementara Spica ada di dekat Mars.

Mengingat pengamatan hanya dilakukan dengan mata, EarthSky mengatakan sangat mungkin banyak orang salah mengidentifikasi Saturnus sebagai Antares dan Mars sebagai Spica. Agar tidak salah, ada pedoman warna yang bisa diperhatikan.

Saturnus lebih nampak dengan warna terang keemasan, sedangkan Antares lebih gelap dan merah. Mars sendiri berwarna agak merah sementara Spica berwarna biru keputihan. Mengingat Antares dan Spica termasuk bintang, keduanya terlihat berkedip-kedip, sedangkan Saturnus dan Mars tidak.

Fenomena langka ini sudah terjadi sejak 20 Januari kemarin dan akan terus berlangsung selama satu bulan hingga 20 Februari. Wah tertarik untuk menyaksiaknnya secara langsung, Dreamers?

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)