SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cegah Malapraktik di Klinik Mal, Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan Calon Pasien

Kamis, 14 Januari 2016 10:17 by zia92 | 725 hits
Cegah Malapraktik di Klinik Mal, Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan Calon Pasien
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Maraknya kasus malapraktik belakangan ini seharusnya menjadi peringatan bagi masyarakat. Bukan hanya pengobatan ke rumah sakit, banyaknya klinik menawarkan cara pengobatan pelbagai metode juga perlu diperhatikan.

Kasus dugaan malapraktik dialami Allya Siska Nadya (29) saat terapi di Klinik Chiropractic First, Pondok Indah Mal (PIM), bisa menjadi contohnya. Allya ternyata melakukan terapi pada tulang belakangnya di tempat tak memiliki izin. Maka itu, masyarakat diimbau untuk memperhatikan atau menanyakan soal izin praktik sebagai langkah awal.

Meski lokasi klinik berada di dalam pusat perbelanjaan, bukan berarti cepat untuk melakukan penyembuhan. Karena lokasi dan tampilan luar saja tak menjamin bahwa klinik tersebut telah mengantongi izin.

Selain izin praktik pengobatan, masyarakat juga punya hak untuk menanyakan izin praktik dokter. Apakah benar dokter tersebut punya surat izin untuk menangani pasien atau tidak. Jangan mengabaikan hal kecil seperti ini luput begitu saja dan mengakibatkan resiko fatal sampai kehilangan nyawa.

Kredibilitas dokter harus diselidiki dalam menangani pasien, apakah selama ini bermasalah atau tidak. Tak hanya itu, dokter luar negeri tidak menjadi jaminan lebih baik dari dokter dalam negeri.

Hal senada diutarakan oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian mengimbau masyarakat tidak mudah tergiur dengan promo pelayanan kesehatan yang belum teruji kebenarannya. "Dalam tawaran apapun, khususnya pengobatan, masyarakat jangan mudah percaya kepada promosi yang tidak jelas. Kita harus makin cerdas," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (13/1) kemarin.

Tito meminta masyarakat harus mencari informasi sebanyak mungkin sebelum memutuskan berobat di sebuah klinik dalam pusat perbelanjaan. "Serba gampang, tinggal lihat di Google. Lihat bener enggak ini praktiknya. Jangan hanya lihat manisnya saja. Terus lihat juga, resikonya seperti apa? Dokternya ada izin enggak? Jangan asal yakin," terang dia

"Banyak pengobatan yang menjanjikan ini itu, tapi nyatanya enggak sesuai. Kita harus cerdas," tambahnya. [ang]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)