SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mulai Februari, Kantong Plastik di Supermarket Tak Lagi Gratis

Rabu, 13 Januari 2016 20:29 by zia92 | 2529 hits
Mulai Februari, Kantong Plastik di Supermarket Tak Lagi Gratis
Image source: nbcnews.com

DREAMERS.ID - Selama ini, limbah sampah plastik sudah menjadi masalah lingkungan yang serius dan berbahaya karena sifatnya yang sulit terurai di alam. Untuk itu, kebijakan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik pun segera diterapkan.

Rencana penggunaan kantong plastik yang ramah lingkungan bagi para pemilik retail, seperti supermarket, hipermarket, dan minimarket dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini pun mendapat sambutan baik dari Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mandey.

Selain itu, konsumen diharuskan membayar untuk setiap kantong plastik yang digunakan saat berbelanja. "Selama ini memang retail adalah pihak penyumbang kantong plastik terbesar," kata Roy, Selasa (12/1), mengutip laman Tempo.

Selama ini, aturan pemakaian kantong atau tas belanja yang bisa dipakai berulang kali memang sudah diterapkan di beberapa retail, namun tidak banyak. Sehingga dengan adanya kebijakan ini diharapkan semua retail bisa mulai menggunakannya untuk kelestarian lingkungan.

Baca juga: Tas Mirip Kantung Sampah Ini Dijual dengan Harga Jutaan, Mau Beli?

Untuk memberlakukan kebijakan ini tentu butuh waktu yang tidak sebentar untuk transisi dalam prosesnya agar tidak terjadi kekisruhan antara peretail dan konsumen. "Kami tidak ingin nanti konsumen berpikir ini adalah salah satu cara untuk mengambil keuntungan lebih," tuturnya. "Paling tidak, butuh waktu transisi selama enam bulan untuk sosialisasi."

Untuk kantong atau tas belanja, peretail akan menyediakan dan menjualnya seharga US$ 1 atau sekitar Rp 14 ribu. Sedangkan untuk kantong plastik, konsumen akan dikenai biaya sebesar 30 persen dari harga kantong atau tas belanja. "Harga kantong plastik akan dijual lebih mahal karena bahannya yang akan menyesuaikan agar ramah lingkungan," ucapnya.

Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari mendatang, pemerintah akan memberlakukan kebijakan kantong plastik berbayar, khususnya di dunia usaha atau peretail modern, dan masyarakat. Penerapan plastik berbayar ini akan ditujukan kepada retail modern secara bertahap.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)