SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Vatikan Kritik Charlie Hebdo Atas Edisi Setahun Insiden Penembakan Kantornya

Jumat, 08 Januari 2016 10:17 by ningcil | 1054 hits
Vatikan Kritik Charlie Hebdo Atas Edisi Setahun Insiden Penembakan Kantornya
Image source: news.yahoo.

DREAMERS.ID - Majalah satir asal Perancis Charlie Hebdo menuai kritikan dari Vatikan saat menerbitkan satu juta kopi edisi spesial peringatan tragedi penembakan di kantor mereka pada 7 Januari 2015 lalu.

Dalam edisi spesial yang diterbitkan sehari sebelum peringatan tragedi penembakan tersebut, halaman depan Charlie Hebdo menghadirkan gambar pria berjanggut, yang merupakan representasi dari Tuhan, yang terkena cipratan darah sambil menggendong senapan. Di halaman depan ini juga tertulis, “Satu tahun kemudian: Pembunuh masih ada di luar sana.”

Menanggapi gambaran tersebut, Koran Vatikan L’Osservatore Romano pun memberitakan wacana pidato dari Paus Fransiskus. Paus mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh majalah tersebut bukanlah sebuah hal yang mengejutkan.

“Episode ini bukanlah sesuatu yang bar, dibalik bendera sekularisme tanpa kompromi yang menipu, majalah Perancis ini sekali lagi melupakan apa yang telah diulang oleh pemimpin agama dari berbagai keyakinan sejak lama untuk menolak kekerasan atas nama agama,” tulis L’Osservatore Romano dikutip CNN.

Dilanjutkan, “Menggunakan Tuhan untuk membenarkan kebencian adalah fitnah yang otentik, seperti yang diucapkan oleh Paus Fransiskus berkali-kali.”

Dalam sebuah wawancara, Laurent Sourisseau selaku kepala publikasi Charlie Hebdo membenarkan bahwa karikatur tersebut memang merepresentasikan figur Tuhan. Dikutip CNN, dirinya juga yakin bahwa Tuhan telah membunuh rekan mereka setahun yang lalu dan menyatakan bahwa mereka ingin belajar untuk mengurangi Tuhan dalam hidup.

“Bagi kami, adalah gagasan soal Tuhan yang mungkin telah membunuh teman kami setahun lalu. Jadi kami ini meluaskan visi kami atas hal-hal itu. Keyakinan tak selalu damai. Mungkin kita harus belajar untuk mengurasi Tuhan dalam hidup,” katanya.

Pada 7 Januari 2015, kantor majalah Charlie Hebdo diserang oleh kelompok bersenjata setelah beberapa kali menerbitkan hinaan terhadap umat Islam. Setidaknya 12 orang tewas dalam insiden ini.

(ncl/CNN)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)