SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Indonesia Ikut Kecam Uji Coba Bom Hidrogen Korea Utara

Kamis, 07 Januari 2016 13:54 by zia92 | 1169 hits
Pemerintah Indonesia Ikut Kecam Uji Coba Bom Hidrogen Korea Utara
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Pemerintah Indonesia menyampaikan keprihatinan atas uji coba bom hidrogen Korea Utara. Melalui Kementerian Luar Negeri, Indonesia mengecam tindakan Korut lantaran memicu ketidakstabilan perdamaian di dunia.

"Pemerintah Indonesia menyampaikan keprihatinan mendalam atas uji coba bom hidrogen yang dilakukan Korea Utara pada 6 Januari 2016," ujar Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir, dalam pernyataan yang diterima merdeka.com, Rabu (6/1).

Menurut Kemlu, uji coba itu bertentangan dengan Perjanjian Komprehensif Pelarangan Uji Coba Nuklir (CTBT). Korea Utara tak hanya melanggar semangat yang terkandung dalam perjanjian itu, juga melanggar kewajiban Korut pada Resolusi Dewan Keamanan PBB 1718 (2006), 1874 (2009), dan 2087 (2013).

Indonesia meminta seluruh negara untuk menghormati serta mematuhi Resolusi DK PBB itu. Indonesia juga meminta negara-negara untuk menahan diri serta mengedepankan diplomasi dan dialog dalam menciptakan situasi kondusif bagi perdamaian dunia.

Baca juga: Korsel Gelar Latihan Tembak Besar-besaran untuk Peringatkan Korut

Korea Utara sendiri dilaporkan melakukan uji coba bom hidrogen mereka pada pukul 10 pagi waktu setempat. "Bom hidrogen pertama Korea Utara berhasil diluncurkan pada 6 Januari 2016, pukul 10 pagi. Laporan ini berdasarkan strategi yang dilakukan Partai Pekerja," ujar stasiun televisi pemerintah Korea Utara.

Uji coba bom itu mengakibatkan gempa bumi sebesar 5,1 skala Richter mengguncang Ibu Kota Pyongyang. Hal yang dilakukan Korea Utara mendapat kecaman dari berbagai negara seperti Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. DK PBB segera menggelar pertemuan untuk membahas masalah ini.

"Kami mengecam setiap pelanggaran Resolusi DK PBB dan sekali lagi mendesak Korea Utara mematuhi kewajiban dan komitmen internasionalnya," kata juru bicara misi AS di DK PBB, Hagar Chemali. [pan]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Fraksi PKS mengusulkan agar Fahri Hamzah dicopot dari jabatan Wakil Ketua DPR. Pencopotan tersebut diajukan dalam surat yang dibacakan saat paripurna penutupan masa sidang DPR, Senin (11/12). Disebutkan juga kalau F PKS meminta Fahri diganti dengan Ledia Hanifa Amaliah. Lantas bagaimana tanggapan Fahri?...
  • HOT !
    Masyarakat menyoroti keputusan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk tidak lagi membuka akses warga melihat proses rapat Pemprov DKI. Karena Anies Sandi tidak mengunggah video semacam itu di channel Youtube lagi....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)