home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alami Gempa, Korea Utara Dicurigai Siap Perang Dengan Uji Coba Nuklir

Rabu, 06 Januari 2016 16:31 by reinasoebisono | 1602 hits
Alami Gempa, Korea Utara Dicurigai Siap Perang Dengan Uji Coba Nuklir
Image source: VOA Indones

DREAMERS.ID - Gempa bumi berkekuatan cukup besar menerpa Korea Utara yang dicurigai sebagai gempa buatan manusia. Getaran sebesar 5.1 skala richter itu terjadi di fasilitas uji coba nuklir Korea Utara yang dideteksi pada Rabu (6/1)

Kabar ini dilaporkan oleh Dinas Survei Geologi Amerika yang mengatakan lokasi gempa berpusat sekitar 50 km dari Punggye-ri. Tempat ini diketahui adalah tempat untuk melakukan uji coba nuklir Korea Utara beberapa kali.

Jika benar gempa tersebut adalah uji coba nuklir, ini adalah keempat kalinya. Bukan hanya Amerika, negara tetangga, Korea Selatan juga bereaksi atas isu uji coba nuklir Korea Utara ini. Dinas Meteorologi Korsel mengatakan tengah menganalisa gempa yang diduga buatan manusia itu.

Pusat Jaringan Gempa China juga mengatakan jika kegiatan seismik yang tidak biasa itu diduga adalah sebuah ledakan. Karena hal ini juga, Kementerian Luar Negeri Korsel di Seoul langsung mengadakan rapat darurat.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Prediksi Korsel-Amerika bisa dibilang tepat karena pada bulan lalu mereka mendeteksi adanya aktivitas penggalian terowongan di Punggye-ri. Penggalian terowongan adalah salah satu persiapan untuk menanam dan menguji coba nuklir.

Kejadian ini menambah kewaspadaan Korea Selatan dan sekutunya. Selain uji coba nuklir, pemimpin tertinggi Korut Kim Jong Un belum lama juga pernah mengklaim jika negaranya telah berhasil membuat bom hidrogen. Namun belum diketahui apakah uji coba ini adalah bom hidrogen tersebut.

(rei/VOA/Liputan 6)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)