SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alami Gempa, Korea Utara Dicurigai Siap Perang Dengan Uji Coba Nuklir

Rabu, 06 Januari 2016 16:31 by reinasoebisono | 1516 hits
Alami Gempa, Korea Utara Dicurigai Siap Perang Dengan Uji Coba Nuklir
Image source: VOA Indones

DREAMERS.ID - Gempa bumi berkekuatan cukup besar menerpa Korea Utara yang dicurigai sebagai gempa buatan manusia. Getaran sebesar 5.1 skala richter itu terjadi di fasilitas uji coba nuklir Korea Utara yang dideteksi pada Rabu (6/1)

Kabar ini dilaporkan oleh Dinas Survei Geologi Amerika yang mengatakan lokasi gempa berpusat sekitar 50 km dari Punggye-ri. Tempat ini diketahui adalah tempat untuk melakukan uji coba nuklir Korea Utara beberapa kali.

Jika benar gempa tersebut adalah uji coba nuklir, ini adalah keempat kalinya. Bukan hanya Amerika, negara tetangga, Korea Selatan juga bereaksi atas isu uji coba nuklir Korea Utara ini. Dinas Meteorologi Korsel mengatakan tengah menganalisa gempa yang diduga buatan manusia itu.

Pusat Jaringan Gempa China juga mengatakan jika kegiatan seismik yang tidak biasa itu diduga adalah sebuah ledakan. Karena hal ini juga, Kementerian Luar Negeri Korsel di Seoul langsung mengadakan rapat darurat.

Baca juga: Perintah Nikah hingga Trump, Terungkap Isi Pembicaraan Kim Jong Un dan Moon Jae In Lewat Gerakan Bibir!

Prediksi Korsel-Amerika bisa dibilang tepat karena pada bulan lalu mereka mendeteksi adanya aktivitas penggalian terowongan di Punggye-ri. Penggalian terowongan adalah salah satu persiapan untuk menanam dan menguji coba nuklir.

Kejadian ini menambah kewaspadaan Korea Selatan dan sekutunya. Selain uji coba nuklir, pemimpin tertinggi Korut Kim Jong Un belum lama juga pernah mengklaim jika negaranya telah berhasil membuat bom hidrogen. Namun belum diketahui apakah uji coba ini adalah bom hidrogen tersebut.

(rei/VOA/Liputan 6)

  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Bandara Internasional Changi di Singapura terkenal dengan fasilitas mewah, lengkap dan tentu pelayanan memuaskan. Salah satu pelayanan yang paling diidamkan dari sebuah bandara adalah ketepatan waktu....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)