SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diminta Bangun Rumah di Mars, NASA Dimodali 758 Miliar Rupiah!

Rabu, 30 Desember 2015 13:41 by zia92 | 1257 hits
Diminta Bangun Rumah di Mars, NASA Dimodali 758 Miliar Rupiah!
Image source: wired.com

DREAMERS.ID - Selama ini, bayangan adanya tempat tingal di luar angkasa hanya ada dalam film dan cerita fiksi. Namun dengan berkembangnya teknologi, sepertinya memiliki hunian di luar Bumi bukan menjadi hal yang mustahil lagi dalam beberapa tahun ke depan.

Badan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA) telah diminta secara khusus oleh Kongres AS untuk segera merancang bagaimana cara membangun tempat tinggal di Mars untuk para astronot.

Melansir laman CNN Indonesia, Kongres Amerika Serikat berasumsi bahwa awak manusia yang dikirim ke Planet Merah itu setidaknya menghabiskan waktu penjelajahan selama enam bulan, sehingga membutuhkan tempat tinggal di sana.

Proek yang dinamakan "habitation module" atau modul habitat ini merupakan pembangunan tempat yang bisa ditinggali untuk misi antariksa jarak jauh. Dan untuk membangun modul tempat tinggal antariksa yang ditargetkan rampung pada 2018 itu, NASA pun mendapatkan dana yang tidak sedikit, yaitu sebesar 55 juta dolar atau sekitar 758 miliar rupiah.

Baca juga: Heboh Kaum 'Flat Earth Society', Foto-foto Ini Jadi Bukti Jika Bumi Benar Bulat dan Tidak Datar?

Sayangnya masih belum jelas modul tempat berhuni ini akan seperti apa dan bagaimana cara kerjanya. Situs Popular Science memberitakan, tentunya akan penuh tantangan bagi NASA untuk membangun habitat yang ringan dan mampu melindungi astronaut dari radiasi luar angkasa.

NASA memang merencanakan perjalanan awak manusia ke planet Mars sekitar tahun 2030an menggunakan pesawat antariksa Orion. "Perjalanan manusia ke Mars bukan sekadar fiksi ilmiah. Ini sungguhan. Kami harus betul-betul melakukannya," ujar salah satu pengelola NASA, Jim Erickson beberapa waktu lalu.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....
  • HOT !
    Sosok seorang pangeran dari Arab Saudi jadi pembicaraan viral lantaran terungkap menjadi pembeli lukisan Yesus Kristus yang diklaim sebagai yang termahal di dunia. Kegiatannya ini disebut berpotensi memicu kontroversi karena perilakunya dianggap tak Islami....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)