home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diminta Bangun Rumah di Mars, NASA Dimodali 758 Miliar Rupiah!

Rabu, 30 Desember 2015 13:41 by fzhchyn | 1479 hits
Diminta Bangun Rumah di Mars, NASA Dimodali 758 Miliar Rupiah!
Image source: wired.com

DREAMERS.ID - Selama ini, bayangan adanya tempat tingal di luar angkasa hanya ada dalam film dan cerita fiksi. Namun dengan berkembangnya teknologi, sepertinya memiliki hunian di luar Bumi bukan menjadi hal yang mustahil lagi dalam beberapa tahun ke depan.

Badan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA) telah diminta secara khusus oleh Kongres AS untuk segera merancang bagaimana cara membangun tempat tinggal di Mars untuk para astronot.

Melansir laman CNN Indonesia, Kongres Amerika Serikat berasumsi bahwa awak manusia yang dikirim ke Planet Merah itu setidaknya menghabiskan waktu penjelajahan selama enam bulan, sehingga membutuhkan tempat tinggal di sana.

Proek yang dinamakan "habitation module" atau modul habitat ini merupakan pembangunan tempat yang bisa ditinggali untuk misi antariksa jarak jauh. Dan untuk membangun modul tempat tinggal antariksa yang ditargetkan rampung pada 2018 itu, NASA pun mendapatkan dana yang tidak sedikit, yaitu sebesar 55 juta dolar atau sekitar 758 miliar rupiah.

Baca juga: NASA Mengatakan Masih Ada 300 Juta Planet Yang Bisa Dihuni Oleh Manusia

Sayangnya masih belum jelas modul tempat berhuni ini akan seperti apa dan bagaimana cara kerjanya. Situs Popular Science memberitakan, tentunya akan penuh tantangan bagi NASA untuk membangun habitat yang ringan dan mampu melindungi astronaut dari radiasi luar angkasa.

NASA memang merencanakan perjalanan awak manusia ke planet Mars sekitar tahun 2030an menggunakan pesawat antariksa Orion. "Perjalanan manusia ke Mars bukan sekadar fiksi ilmiah. Ini sungguhan. Kami harus betul-betul melakukannya," ujar salah satu pengelola NASA, Jim Erickson beberapa waktu lalu.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)