home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Libur Tahun Baru, Polisi Himbau Waspada Pencuri Spesialis Rumah Kosong

Rabu, 30 Desember 2015 11:05 by reinasoebisono | 1125 hits
Libur Tahun Baru, Polisi Himbau Waspada Pencuri Spesialis Rumah Kosong
Image source: nationalgeo

DREAMERS.ID - Akhir tahun yang biasanya dijadikan libur panjang, terlebih karena tahun ini dilanjukan dengan akhir pekan membuat masyarakat bepergian untuk menikmati liburan bersama keluarga. Namun jangan lupa dengan hal-hal yang ditinggalkan di rumah.

Sepinya pemukiman dan rumah kosong (rumsong) biasanya dijadikan sasaran empuk para pencuri yang memang sudah biasa mengincar rumah tak berpenghuni. Setiap tahunnya, banyak rumah kosong yang dibobol oleh pencuri.

Karena hal itu, kepolisian menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap pelaku kejahatan pencuri rumah kosong saat perayaan tahun baru. Selain diadakan operasi lilin yang dilakukan setiap tahunnya, kepolisian juga menghimbau pengamanan ketat di masing-masing wilayah.

“Pertama kita minta masyarakat sistem satu pintu dicek betul oleh masyarakat setempat,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal.

Baca juga: Mohon Ampun dan Dikeroyok Satu Jam Jadi Fakta Terbaru Kasus Terduga Pencuri Amplifier Dibakar Massa

Selanjutnya, kepolisian akan membentuk tim satgas rumsong untuk mengantisipasi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) atau barang berharga lainnya di rumah warga. Tahun ini, sebanyak 8.979 personil kepolisian dikerahkan dalam operasi lilin.

Pihak kepolisian juga menuturkan ciri-ciri rumah yang biasa jadi sasaran pencuri adalah rumah yang lampu depannya menyala saat siang. Sebaiknya, diadakan juga penjagaan antar tetangga yang tidak bepergian untuk membantu mematikan lampu saat pagi dan menyalakannya kembali saat petang atau sekedar patroli bergantian.

Selain antisipasi pencurian, warga yang meninggalkan rumah hendaknya mengecek kembali peralatan di rumah terutama yang berhubungan dengan api atau listrik seperti kompor untuk menghindari kebakaran.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)