SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Libur Tahun Baru, Polisi Himbau Waspada Pencuri Spesialis Rumah Kosong

Rabu, 30 Desember 2015 11:05 by reinasoebisono | 1016 hits
Libur Tahun Baru, Polisi Himbau Waspada Pencuri Spesialis Rumah Kosong
Image source: nationalgeo

DREAMERS.ID - Akhir tahun yang biasanya dijadikan libur panjang, terlebih karena tahun ini dilanjukan dengan akhir pekan membuat masyarakat bepergian untuk menikmati liburan bersama keluarga. Namun jangan lupa dengan hal-hal yang ditinggalkan di rumah.

Sepinya pemukiman dan rumah kosong (rumsong) biasanya dijadikan sasaran empuk para pencuri yang memang sudah biasa mengincar rumah tak berpenghuni. Setiap tahunnya, banyak rumah kosong yang dibobol oleh pencuri.

Karena hal itu, kepolisian menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap pelaku kejahatan pencuri rumah kosong saat perayaan tahun baru. Selain diadakan operasi lilin yang dilakukan setiap tahunnya, kepolisian juga menghimbau pengamanan ketat di masing-masing wilayah.

“Pertama kita minta masyarakat sistem satu pintu dicek betul oleh masyarakat setempat,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal.

Baca juga: Mohon Ampun dan Dikeroyok Satu Jam Jadi Fakta Terbaru Kasus Terduga Pencuri Amplifier Dibakar Massa

Selanjutnya, kepolisian akan membentuk tim satgas rumsong untuk mengantisipasi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) atau barang berharga lainnya di rumah warga. Tahun ini, sebanyak 8.979 personil kepolisian dikerahkan dalam operasi lilin.

Pihak kepolisian juga menuturkan ciri-ciri rumah yang biasa jadi sasaran pencuri adalah rumah yang lampu depannya menyala saat siang. Sebaiknya, diadakan juga penjagaan antar tetangga yang tidak bepergian untuk membantu mematikan lampu saat pagi dan menyalakannya kembali saat petang atau sekedar patroli bergantian.

Selain antisipasi pencurian, warga yang meninggalkan rumah hendaknya mengecek kembali peralatan di rumah terutama yang berhubungan dengan api atau listrik seperti kompor untuk menghindari kebakaran.

(rei)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)