SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Libur Tahun Baru, Polisi Himbau Waspada Pencuri Spesialis Rumah Kosong

Rabu, 30 Desember 2015 11:05 by reinasoebisono | 987 hits
Libur Tahun Baru, Polisi Himbau Waspada Pencuri Spesialis Rumah Kosong
Image source: nationalgeo

DREAMERS.ID - Akhir tahun yang biasanya dijadikan libur panjang, terlebih karena tahun ini dilanjukan dengan akhir pekan membuat masyarakat bepergian untuk menikmati liburan bersama keluarga. Namun jangan lupa dengan hal-hal yang ditinggalkan di rumah.

Sepinya pemukiman dan rumah kosong (rumsong) biasanya dijadikan sasaran empuk para pencuri yang memang sudah biasa mengincar rumah tak berpenghuni. Setiap tahunnya, banyak rumah kosong yang dibobol oleh pencuri.

Karena hal itu, kepolisian menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap pelaku kejahatan pencuri rumah kosong saat perayaan tahun baru. Selain diadakan operasi lilin yang dilakukan setiap tahunnya, kepolisian juga menghimbau pengamanan ketat di masing-masing wilayah.

“Pertama kita minta masyarakat sistem satu pintu dicek betul oleh masyarakat setempat,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal.

Baca juga: Mohon Ampun dan Dikeroyok Satu Jam Jadi Fakta Terbaru Kasus Terduga Pencuri Amplifier Dibakar Massa

Selanjutnya, kepolisian akan membentuk tim satgas rumsong untuk mengantisipasi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) atau barang berharga lainnya di rumah warga. Tahun ini, sebanyak 8.979 personil kepolisian dikerahkan dalam operasi lilin.

Pihak kepolisian juga menuturkan ciri-ciri rumah yang biasa jadi sasaran pencuri adalah rumah yang lampu depannya menyala saat siang. Sebaiknya, diadakan juga penjagaan antar tetangga yang tidak bepergian untuk membantu mematikan lampu saat pagi dan menyalakannya kembali saat petang atau sekedar patroli bergantian.

Selain antisipasi pencurian, warga yang meninggalkan rumah hendaknya mengecek kembali peralatan di rumah terutama yang berhubungan dengan api atau listrik seperti kompor untuk menghindari kebakaran.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)