SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Karena Sampah, 81 Orang Hilang Akibat Longsor di Tiongkok

Selasa, 22 Desember 2015 23:00 by reinasoebisono | 1233 hits
Karena Sampah, 81 Orang Hilang Akibat Longsor di Tiongkok
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Penghujung tahun 2015 kembali mendapat kabar duka karena bencana longsor yang terjadi di Tiongkok. Longsoran dahsyat yang terjadi pada hari Minggu (20/12) kemarin ini mulai menemukan korban-korban yang tersapu tanah.

Longsor tersebut menghantam 33 rumah warga yang berada di Shenzhen. Hingga berita ini diturunkan, laman Metro TV menuliskanjika korban hilang mencapai 81 orang dari jumlah sebelumnya 85 orang.


Image source: Reuters

Penyebab kejadian ini pun masih menjadi perdebatan karena pemerintah dan warga saling tuding. Warga menyalahkan pemerintah yang dinilai kurang waspada terhadap bencana, namun pemerintah mengatakan jika bencana ini terjaid karena kesalahan manusia.

“Tumpukan (sampahnya) terlalu tinggi, tumpukannya terlalu besar, hingga menimbulkan ketidakstabilan pada kontur tanah,” kata pihak Kementerian Pertanahan dan Sumber Daya Tiongkok kepada Xinhua.



Image source: AP, Getty Images

Baca juga: 7 Orang Jadi Korban Hotel Longsor di Cipanas, Tim Gabungan Masih Lakukan Evakuasi

Wilayah longsor cukup besar mencapai 380 ribu meter persegi yang kini kondisinya bercampur dengan sampah dengan endapan mencapai 10 meter. Setidaknya sekitar 16 orang termasuk anak-anak dirawat karena kejadian ini.

Pemerintah mengatakan jika tumpukan sampah yang dekat dengan pemukiman warga itu mencapai 100 meter selama dua tahun terakhir. Karena itu kondisi tanah sekelilingnya menjadi tidak stabil, terlebih, karena hujan deras yang melanda kawasan itu selama beberapa hari terakhir.

Berikut adalah video detik-detik terjadinya tanah longsor di Shenzhen, Tiongkok yang terekam kamera amatir.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)