SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Karena Sampah, 81 Orang Hilang Akibat Longsor di Tiongkok

Selasa, 22 Desember 2015 23:00 by reinasoebisono | 1271 hits
Karena Sampah, 81 Orang Hilang Akibat Longsor di Tiongkok
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Penghujung tahun 2015 kembali mendapat kabar duka karena bencana longsor yang terjadi di Tiongkok. Longsoran dahsyat yang terjadi pada hari Minggu (20/12) kemarin ini mulai menemukan korban-korban yang tersapu tanah.

Longsor tersebut menghantam 33 rumah warga yang berada di Shenzhen. Hingga berita ini diturunkan, laman Metro TV menuliskanjika korban hilang mencapai 81 orang dari jumlah sebelumnya 85 orang.


Image source: Reuters

Penyebab kejadian ini pun masih menjadi perdebatan karena pemerintah dan warga saling tuding. Warga menyalahkan pemerintah yang dinilai kurang waspada terhadap bencana, namun pemerintah mengatakan jika bencana ini terjaid karena kesalahan manusia.

“Tumpukan (sampahnya) terlalu tinggi, tumpukannya terlalu besar, hingga menimbulkan ketidakstabilan pada kontur tanah,” kata pihak Kementerian Pertanahan dan Sumber Daya Tiongkok kepada Xinhua.



Image source: AP, Getty Images

Baca juga: Kondisi Korban Selamat Longsor Bandara: Belum Tahu Sahabatnya Meninggal

Wilayah longsor cukup besar mencapai 380 ribu meter persegi yang kini kondisinya bercampur dengan sampah dengan endapan mencapai 10 meter. Setidaknya sekitar 16 orang termasuk anak-anak dirawat karena kejadian ini.

Pemerintah mengatakan jika tumpukan sampah yang dekat dengan pemukiman warga itu mencapai 100 meter selama dua tahun terakhir. Karena itu kondisi tanah sekelilingnya menjadi tidak stabil, terlebih, karena hujan deras yang melanda kawasan itu selama beberapa hari terakhir.

Berikut adalah video detik-detik terjadinya tanah longsor di Shenzhen, Tiongkok yang terekam kamera amatir.

(rei)

  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Dalam sebuah pernikahan, hadiah biasa datang berlimpah untuk membahagiakan kedua mempelai. Namun tak jarang pula pejabat maupun orang penting dunia menolak hadiah pernikahan untuk mereka....
  • HOT !
    Nama Samadikun Hartono sedang jadi tren di pemberitaan dan sosial media bahkan di kalangan milenial yang mempertanyakan sosok yang mengembalikan uang tunai puluhan miliar rupiah itu kepada negara karena kasus korupsi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)