SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Uniknya, Pohon Natal di Gereja Ini Dirangkai dari Tampah

Selasa, 22 Desember 2015 12:05 by Dits | 1096 hits
Uniknya, Pohon Natal di Gereja Ini Dirangkai dari Tampah
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Banyak cara yang dilakukan untuk menyambut suka cita Natal. Salah satunya cara unik yang dilakukan oleh jemaat Gereja Katedral Kristus Raja di Purwokerto, Jawa Tengah yang menghias pohon natal di dalam gereja dengan tampah serta kusan. 

Baca juga: Yuk Sambut Perayaan Natal dengan Alis Berbentuk Pohon Natal

Tampah yang sehari-hari digunakan untuk tempat tumpeng, sedangkan kusan yang digunakan untuk mencetak tumpeng itu disusun di sebuah tempat di sudut yang dijadikan simbol Natal. Sebanyak 120 tampah dan 40 kusan disusun menarik hingga mencapai tinggi sekitar delapan meter. 

Koordinator dekorasi pohon natal di Gereja Katedral Kristus Raja, Christian mengatakan penggunaan kusan dan tampah tersebut, sebenarnya merupakan bentuk kedekatan dengan tradisi budaya. Dia mengemukakan, dalam budaya Jawa, kedua benda tersebut menyiratkan unsur penting dalam keselamatan hidup manusia.

"Selain digunakan untuk tempat tumpeng, tampah juga digunakan untuk membersihkan beras dari kotoran sebelum dicuci dan masak," ujarnya, Selasa (22/12).

Filosofi tersebut menunjukkan secara sederhana kandungan makna pohon Natal sebagai persembahan umat paroki Katedral Kristus Raja dalam suka cita kelahiran Yesus Kristus di dunia. Yesus yang diyakini umat Kristiani sebagai pembebas manusia dari dosa. "Ini yang kami maknai, seperti beras yang ditampi, lewat kelahiran-Nya kita menjadi bersih kembali dan terlepas dari dosa," ujarnya.

Christian mengemukakan, pembuatan pohon Natal dari tampah dan kusan memakan waktu hingga dua minggu pengerjaan. Proses merangkai pohon Natal sendiri diperkirakan selesai dilaksanakan dalam waktu lima hari, mulai Senin (21/12).

Dari 120 tampah dan 40 kusan, sebanyak 20 kusan di antaranya diberi gambar orang suci atau santo. Tampah bergambar ini disisipkan di antara rangkaian tampah dan kusan yang membentuk pohon natal. "Kami libatkan seluruh umat paroki untuk menyambut dan perayaan natal kali ini. Setiap lingkungan kring, kami minta partisipasinya untuk menghias dan mewarnai tampah dan kusan," ucapnya. 

Seluruh lingkungan kring di Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto terdapat 20 lingkungan. Hasil dari hiasan tampah di lingkungan tersebut, jelas Christian, kemudian dikumpulkan di gereja dan dirangkai menjadi satu. 

"Untuk melengkapi dekorasi gereja pada perayaan natal nanti, umat juga membuat gua Natal. Gua natal itu akan bersanding dengan pohon Natal raksasa yang berdiri megah di altar gereja," ucapnya.

Source:
  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)