home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tuduh Jurnalis Gelapkan Rp 50 Ribu, Kompas TV Bungkam Soal Pemecatan

Selasa, 15 Desember 2015 10:25 by fzhchyn | 4190 hits
Tuduh Jurnalis Gelapkan Rp 50 Ribu, Kompas TV Bungkam Soal Pemecatan
Image source: kompas.com

DREAMERS.ID - Kompas TV menyatakan belum bisa memberikan klarifikasi terhadap kasus pemecatan tiga karyawannya, yakni Rian Suryalibrata (produser), Muhammad Iqbal Syadzali (reporter) dan Fadhila Ramadhona (reporter).

Menurut Manager HRO Kompas TV, Njoman Trijono, pihaknya akan berkoordinasi lebih dulu dengan pihak humas dan legal sebelum memberikan keterangan kepada publik soal pemecatan itu. "Saya belum bisa klarifikasi, saya lagi di Ambon. Kita kan punya PR, punya legal, kita mau koordinasi itu," kata Njoman saat dihubungi merdeka.com, Senin (14/12).

Ditanya soal keterangan Rian dkk bahwa Njoman telah melakukan berbagai cara untuk memaksakan pemecatan, termasuk tudingan penggelapan uang Rp 50 ribu, petinggi televisi berslogan 'Inspirasi Indonesia' itu mengelak menjawab. "Intinya tidak ada yang bisa saya klarifikasi hari ini. Nanti kalau sudah koordinasi dengan pihak PR dan legal, apa yang saya harus jawab, pasti saya akan jawab," ujar dia.

Seperti diberitakan, Rian, Iqbal dan Fadhila dipecat oleh Kompas Media Grup lantaran dituduh menggelapkan uang perusahaan sebesar Rp 50 ribu. Rian menceritakan bagaimana proses dirinya bisa dipecat. Menurut dia, uang Rp 50 ribu itu bukan digelapkan seperti yang dituduhkan pihak perusahaan. Uang itu, kata dia, dipinjam oleh sang sopir yang bernama Sudrajat saat mengantarkan rombongan ke Bandung untuk meliput.

"Ini kejadian udah lima bulan yang lalu. Jadi waktu itu, STNK mobil hilang, dan kita melapor ke polisi. Waktu itu yang lapor si sopir diantar sama Iqbal cuma yang menghadap ke polisinya sopir kalau Iqbal nunggu di mobil dan Iqbal kasih uang ke sopir Rp 100 ribu," kata Rian saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Minggu (13/12).

Setelah itu, sopir kembali mendatangi Iqbal dan memberitahukan jika uang Rp 50 ribu sudah digunakan untuk membayar laporan tersebut. Sementara, sisa uang Rp 50 ribu lagi dipinjam si sopir untuk menambah biaya makannya selama liputan di Bandung.

"Dari uang Rp 100 ribu, Rp 50 ribu dipakai buat bayar laporan (ke polisi) sementara Rp 50 ribu lagi dipinjam sama Sudrajat buat biaya makan selama di Bandung. Karena Iqbal repot juga kan ngurusin peralatan liputan di mobil, Iqbal iya-iya aja tapi dicatat sama Iqbal," ujarnya.

Setelah lima bulan berlangsung, tepatnya pada 16 November 2015, Iqbal dipanggil oleh pihak perusahaan Kompas Group Media untuk dimintai pertanggungjawaban soal Rp 50 ribu tersebut. Bahkan, pada waktu itu, Iqbal dipaksa mengundurkan diri oleh manager HRO Kompas TV, Njoman Trijono.

"Ini aneh aja, Iqbal dipanggil terus dipecat gara-gara uang Rp 50 ribu yang dipinjam sopir. Memang si sopir engga ngasih laporan soal peminjaman uang itu tapi kenapa Sudrajat engga dipecat malah sampai sekarang dia masih kerja" jelasnya.

Lebih anehnya, lanjut dia, pada saat pemeriksaan di hadapan Rian dan Iqbal, si sopir mengakui dan menjelaskan jika uang Rp 50 ribu itu memang dipinjam olehnya dan belum diganti. Namun, pihak perusahaan bersikeras dan tetap menuding jika Iqbal telah menggelapkan uang tersebut.

Bukan hanya Iqbal, Rian pun harus kehilangan pekerjaan dan jabatannya. Dengan dalil atasan Iqbal, perusahaan menganggap Rian sebagai pihak yang harus ikut bertanggungjawab atas hilangnya laporan uang Rp 50 ribu tersebut. "Waktu pemeriksaan ada si sopir juga, si sopir ngaku kalau uang itu memang dia pinjam tapi engga dikasih sanksi. Ini malah saya ikut dipecat dengan alasan yang sederhana, karena saya atasan Iqbal," keluhnya.

Atas pemecatan itu, Rian tak tinggal diam. Dia sudah melaporkan sikap kesewenang-wenangan perusahaan kepada Dinas Ketenagakerjaan Wali kota Jakarta Pusat. "Selasa tanggal 8 Desember kemarin kita sudah lapor ke Dinas Ketenagakerjaan Wali kota Jakarta Pusat dan kita udah lakuin mediasi pertama, mediasi berikutnya tunggu kabar dari pihak dinas," pungkasnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)