SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Infrastruktur Jalan di Bekasi Belum Siap, Perpanjang Jalur Transjakarta Akan Temui Kendala

Jumat, 11 Desember 2015 11:15 by zia92 | 909 hits
Infrastruktur Jalan di Bekasi Belum Siap, Perpanjang Jalur Transjakarta Akan Temui Kendala
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pernah menyatakan rencananya untuk membantu perpanjangan jalur Transjakarta di daerah-daerah penyangga ibukota seperti Bekasi dan Tangerang. Namun sepertinya rencana itu bakal menemui kendala, terutama di Bekasi.

"Jaringan jalan DKI dengan Kota Bekasi beda. Di Kota Bekasi cenderung lebih sempit dibanding dengan di Jakarta yang cukup luas," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana di Bekasi, Jumat (11/12).

Karena itu, menurutnya, infrastruktur tersebut harus diperhatikan. Mengingat, armada Transjakarta memiliki jalur sendiri, karena untuk menghindari kemacetan. Menurut dia, angkutan massal tersebut harus ada bedanya dengan angkutan lain yang biasa beroperasi.

Menurut Yayan, jalur yang memungkinkan dilalui Busway, ialah perpanjangan dari Pulogadung, Jakarta Timur. Transjakarta bisa melanjutkan ke Harapan Indah-Jalan Sultan Agung-Sudirman-Ahmad Yani-Terminal Bekasi. Itu pun, kata dia, harus memakai jalur yang sudah ada.

Baca juga: Trauma Bom Sarinah, Bus TransJakarta Meledak di Bundaran HI Bikin Panik Warga

Pemerintah Kota Bekasi berharap perpanjangan Transjakarta bisa terealisasikan. Sebab, banyak warga Bekasi yang beraktivitas di Jakarta, dan membutuhkan transportasi murah. "Kami yakin antusiasme warga banyak," kata Yayan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air, Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengakui infrastruktur di Kota Bekasi belum memadai untuk dilalui bus Transjakarta yang harus mempunyai jalur sendiri. Menurut dia, dibutuhkan pelebaran jalan hingga dua kali lipat dari yang ada saat ini.

Menurut dia, jalur yang berpotensi digunakan perpanjangan bus Transjakarta merupakan jalan negara. Di mana kewenangan pelebaran jalan merupakan pemerintah pusat. Pihaknya hanya bisa memberikan rekomendasi terkait pelebarannya. [tyo]

Berita terkait:
Jalur Transjakarta Akan Diperpanjang Sampai Bekasi dan Tangerang

Source:
  • HOT !
    Perpres Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, resmi diteken oleh Presiden Jokowi. Yang terbaru, Perpres tersebut mengatur hak keuangan para kepala dan anggotanya. Perpres No 42 Tahun 2018 ini mengatur tentang hak keuangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di mana Kepala BPIP diduduki oleh Megawati Soekarnoputri dengan hak keuangan mencapai Rp112 juta....
  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
     Euforia mudik diprediksi mulai lebih awal karena libur dan cuti bersama dari pemerintah yang juga sudah ditetapkan dari beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan sudah jadi tradisi jika mudik identik dengan kemacetan....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)