SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Sosok Wanita Lain Di Lukisan Fenomenal Monalisa?

Kamis, 10 Desember 2015 20:00 by reinasoebisono | 4620 hits
Ternyata Ada Sosok Wanita Lain Di Lukisan Fenomenal Monalisa?
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Berpuluh tahun para seniman dan peneliti seni mencari tahu siapa sebenarnya sosok yang dilukis Da Vinci, Monalisa. Tapi kemudian sebagian besar orang sepakat bahwa wanita pada lukisan itu adalah Lisa Gherardini del Giocondo, istri ke tiga dari pedagang sutera kaya raya dari Florence, Francesco del Giocondo.

Tak hanya perempuan dalam gambar Mona Lisa, senyum yang terukir dari sosok dalam lukisan itu juga mengundang berjuta tanya. Banyak yang menyebut senyum Mona Lisa bisa berubah-ubah. Sejumlah kesimpulan pun didapat, salah satunya menduga karena Da Vinci menggunakan teknik khusus dalam melukis.

Dan yang terbaru adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti asal Prancis, Pascal Cotte. Setelah meneliti lukisan paling terkenal itu selama 10 tahun, dia mengaku mendapat temuan sangat mengejutkan. Cotte menyebut ada gambar lain di belakang atau lebih tepatnya di dalam lukisan Mona Lisa.


Transformasi hasil pemindaian wajah di balik lukisan Monalisa (independent.co.uk)

Dalam penelitian itu, Cotte menggunakan teknik pemindaian multispektral. Dengan menggunakan panjang gelombang yang berbeda untuk menembus cat, Cotte bersusah payah menunjukkan bahwa di balik Mona Lisa terdapat perempuan lain di dalam lukisan itu. Studi Cotte mengklaim bahwa Da Vinci sebelumnya melukis sosok perempuan lain, yang diyakini sebagai sosok asli Mona Lisa.

“Kita sekarang dapat menganalisis apa yang terjadi di dalam lapisan cat dan kita dapat mengupas lukisan itu seperti lapisan bawang. Kita dapat merekonstruksi semua kronologi pembuatan lukisan,” kata Cotte, dikutip Dream dari The Telegraph.

“Ketika saya selesai merekonstruksi Lisa Gherardini, saya berada di depan potret dan dia benar-benar berbeda dengan Mona Lisa yang kita kenal hari ini. Ini bukan wanita yang sama,” tambah dia.


Sosok wanita yang diklaim Pascal Cotte berada di balik lukisan Monalisa (independent.co.uk)

Menurut Cotte, sosok wanita yang berada di balik lukisan utama itu memiliki kepala dan hidung yang lebih besar, tangan lebih besar, dan yang paling penting memiliki bibir lebih kecil daripada sosok Mona Lisa pada gambar yang terlihat selama ini.

Terkait penemuan ini, Museun Louvre tak memberi banyak komentar. Mereka menyatakan Cotte bukanlah bagian dari tim ahli mereka. Dan temuan Cotte ini tidak serta merta diterima oleh peneliti seni lain. Banyak juga yang mempertanyakan temuan ini.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)