home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Kampus Ini Beri 'Uang Kaget' Bagi Mahasisiwa yang Rajin Bangun Pagi!

Rabu, 09 Desember 2015 20:15 by fzhchyn | 1418 hits
Wah, Kampus Ini Beri 'Uang Kaget' Bagi Mahasisiwa yang Rajin Bangun Pagi!
Image source: newsboost.c

DREAMERS.ID - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Institut Teknik Wuchang, Provinsi Hubei, China, sepertinya sudah menemukan cara untuk membuat para mahasiswa datang kuliah pagi dan ikut melakukan upacara setiap awal pekan.

Mereka menyatakan sudah menjalin kesepakatan dengan rektorat untuk membuat kebijakan peningkatan disiplin mahasiswa dengan cara memberi uang saku.

Pengurus BEM Kampus Wuchang, Wang Shuai dan Wang Yunpeng, mengatakan kebijakan ini disebut program 'uang kaget'. Melalui aplikasi ponsel WhatsApp dan WeChat, mahasiswa yang datang pagi serta ikut upacara bendera akan dipantau, lalu dipilih secara acak memperoleh uang yang tidak disebut nominalnya.

"Jumlahnya tidak terlalu besar, tapi uang ini kami yakin bisa memacu para mahasiswa untuk bangun lebih pagi," kata Shuai, seperti dilansir Stasiun Televisi CCTV News, Rabu (9/12), mengutip laman Merdeka.

Sejak diterapkan akhir November lalu, tingkat kehadiran mahasiswa dalam upacara bendera meningkat tiga kali lipat. Salah satu dosen, Lin Lin, mengakui efektifvitas kebijakan tersebut. "Dampak adanya uang kaget ini sangat terasa dalam kehadiran mahasiswa untuk kegiatan pagi," ujarnya.

Baca juga: Tiga Mahasiswa Palestina Ditembak Di Amerika Serikat, Benci Jadi Tindak Kekerasan?

Banyak kampus di Negeri Tirai Bambu masih menjalankan olah raga pagi dan upacara bendera. Namun di banyak kampus besar, dua kegiatan itu makin sepi peminat, termasuk Institut Teknologi Wuchang.

Walau berdampak positif, tidak semua mahasiswa setuju pada sistem uang kaget tersebut. Di jejaring sosial, banyak kecaman dilontarkan pada BEM dan rektorat. "Mahasiswa tidak perlu lagi dipaksa-paksa bangun pagi untuk menjadi disiplin. Bukankah mereka seharusnya malu sampai bangun pagi demi uang," tulis akun @wowahoh di jejaring sosial Weibo.

Pengguna Twitter @Yunanqingyunian mempertanyakan bagaimana mengontrol mahasiswa yang curang hanya demi mendapat uang. "Setelah bangun pagi, dapat uang, saya bisa saja kembali tidur di kos atau asrama. Tidak perlu lagi kuliah," tulisnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)