home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemilih Pilkada di Kabupaten Malang Dilarang Selfie di TPS

Rabu, 09 Desember 2015 10:00 by Dits | 1244 hits
Pemilih Pilkada di Kabupaten Malang Dilarang Selfie di TPS
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Para pemilih di Kabupaten Malang, Jawa Timur dilarang berfoto selfie selama berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Larangan tersebut tampak tertempel di tenda TPS 10, Dusun Jajar, Desa Tujungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Baca juga: Golput di Pilkada Serentak Tinggi, DPR Akan Panggil KPU dan Bawaslu

"Maaf agar tidak berfoto selfie dalam ruang TPS, Terima Kasih," demikian tulisan tersebut tertempel di pintu masuk dan pintu keluar.

Tidak ada aturan resmi tentang larangan tersebut, namun secara teknis memang akan mengganggu proses antrean pencoblosan. Para pemilih yang ingin berfoto selfie tetap diperkenankan, namun sebelum proses pemanggilan oleh KPPS.

Sementara itu dalam pantauan merdeka.com di lokasi, Ketua KPPS memulai aktivitas dengan pengecekan logistik. Paket dari KPU dibuka untuk dilakukan pengecekan beberapa amplop, lembar berkas rekap dan kartu suara.

Sebelum menerima calon pemilih yang sudah mengantre, Ketua KPPS mengawali dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan sumpah.

"Kami anggota KPPS TPS 10, bersumpah bersikap netral dan tidak berpihak kepada siapapun," demikian sumpah tersebut dipimpin ketua KPPS TPS 10, Bangga Putra P.

Sementara itu, saat pemilih pertama memasuki TPS sempat kebingungan karena tidak tersedia paku yang digunakan untuk mencoblos. Ketua TPS sempat menawarkan menggunakan bolpoint, tetapi para saksi menolak, dan meminta menunggu dicarikan paku.

Pilkada Kabupaten Malang diikuti tiga pasangan kontestan. Pasangan nomor urut 1 pasangan Rendra Kresna - HM Sanusi, nomor urut 2 pasangan Dewanti Rumpoko - Masrifah Hadi dan nomor urut 3 pasangan Nurcholis - M Mufidz.

Jumlah pemilih Pilkada Malang sebanyak 2.051.279 dengan pemilih laki-laki berjumlah 1.019.121, dan pemilih perempuan sebanyak 1.032.158 pemilih. Jumlah TPS sebanyak 3672 TPS.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)