SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dokumen Internal Bocor, Ternyata Penghasilan ISIS Capai Triliunan Per Bulan

Selasa, 08 Desember 2015 12:10 by reinasoebisono | 1829 hits
Dokumen Internal Bocor, Ternyata Penghasilan ISIS Capai Triliunan Per Bulan
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Sebuah dokumen bocor dan diapatkan oleh The Guardian memperlihatkan prinsip dasar pembentukan negara yang dianut kelompok radikal ISIS, termasuk pendirian lembaga penopang kesejahteraan warga seperti pendidikan, keuangan, hingga hubungan luar negeri.

Dari situ, didapati jika ISIS berbeda dengan kelompok militan atau radikal lainnya seperti Al-Qaidah yang mendapatkan bantuan dana dari luar. ISIS mendapatkan biaya dari pengolahan sumber daya atau pungutan pajak dari daerah yang dikuasainya.

Area kekuasaan yang berada di Irak dan Suriah itu memberikan banyak pemasukan untuk ISIS perbulannya. Lembaga analisa IHS melaporkan pendapatan per bulan ISIS mencapai US$800 Juta atau mencapai Rp 1.1 Triliun.

"ISIS mengendalikan wilayah sehingga mereka bisa menarik pajak warga, menyita properti, mendapat pemasukan dari usaha negara dan dari minyak dan gas. Kelompok teroris lainnya tidak memilikinya," kata Columb Strack, pengamat senior dari IHS mengutip CNN.

Baca juga: Wanita Asal Bekasi yang Jadi Istri Petinggi ISIS Filipina Diciduk Beserta Rangkaian Alat Bukti

Jika pemasukan tersebut dikalikan 12 bulan, hasil yang didapatkan menjadikan ISIS setara dengan PDB negara kecil Samoa yang memiliki penduduk 198 ribu orang, pada tahun 2014. Namun pendapatan ISIS mulai menurun karena serangan udara yang menghancurkan kilang minyak mereka.

Kini ISIS mencari cara lain untuk menghasilkan uang, salah satunya dengan cara menerapkan bayaran bagi mereka yang ingin meninggalkan wilayah kekuasaan ISIS. Atau meningkatkan biaya hidup masyarakat seperti listrik dan air.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)