SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dokumen Internal Bocor, Ternyata Penghasilan ISIS Capai Triliunan Per Bulan

Selasa, 08 Desember 2015 12:10 by reinasoebisono | 1847 hits
Dokumen Internal Bocor, Ternyata Penghasilan ISIS Capai Triliunan Per Bulan
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Sebuah dokumen bocor dan diapatkan oleh The Guardian memperlihatkan prinsip dasar pembentukan negara yang dianut kelompok radikal ISIS, termasuk pendirian lembaga penopang kesejahteraan warga seperti pendidikan, keuangan, hingga hubungan luar negeri.

Dari situ, didapati jika ISIS berbeda dengan kelompok militan atau radikal lainnya seperti Al-Qaidah yang mendapatkan bantuan dana dari luar. ISIS mendapatkan biaya dari pengolahan sumber daya atau pungutan pajak dari daerah yang dikuasainya.

Area kekuasaan yang berada di Irak dan Suriah itu memberikan banyak pemasukan untuk ISIS perbulannya. Lembaga analisa IHS melaporkan pendapatan per bulan ISIS mencapai US$800 Juta atau mencapai Rp 1.1 Triliun.

"ISIS mengendalikan wilayah sehingga mereka bisa menarik pajak warga, menyita properti, mendapat pemasukan dari usaha negara dan dari minyak dan gas. Kelompok teroris lainnya tidak memilikinya," kata Columb Strack, pengamat senior dari IHS mengutip CNN.

Baca juga: Respon Polisi Atas Hebohnya Kabar Soal Go-Food Disusupi ISIS yang Racuni Makanan

Jika pemasukan tersebut dikalikan 12 bulan, hasil yang didapatkan menjadikan ISIS setara dengan PDB negara kecil Samoa yang memiliki penduduk 198 ribu orang, pada tahun 2014. Namun pendapatan ISIS mulai menurun karena serangan udara yang menghancurkan kilang minyak mereka.

Kini ISIS mencari cara lain untuk menghasilkan uang, salah satunya dengan cara menerapkan bayaran bagi mereka yang ingin meninggalkan wilayah kekuasaan ISIS. Atau meningkatkan biaya hidup masyarakat seperti listrik dan air.

(rei)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)