home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dokumen Internal Bocor, Ternyata Penghasilan ISIS Capai Triliunan Per Bulan

Selasa, 08 Desember 2015 12:10 by reinasoebisono | 1934 hits
Dokumen Internal Bocor, Ternyata Penghasilan ISIS Capai Triliunan Per Bulan
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Sebuah dokumen bocor dan diapatkan oleh The Guardian memperlihatkan prinsip dasar pembentukan negara yang dianut kelompok radikal ISIS, termasuk pendirian lembaga penopang kesejahteraan warga seperti pendidikan, keuangan, hingga hubungan luar negeri.

Dari situ, didapati jika ISIS berbeda dengan kelompok militan atau radikal lainnya seperti Al-Qaidah yang mendapatkan bantuan dana dari luar. ISIS mendapatkan biaya dari pengolahan sumber daya atau pungutan pajak dari daerah yang dikuasainya.

Area kekuasaan yang berada di Irak dan Suriah itu memberikan banyak pemasukan untuk ISIS perbulannya. Lembaga analisa IHS melaporkan pendapatan per bulan ISIS mencapai US$800 Juta atau mencapai Rp 1.1 Triliun.

"ISIS mengendalikan wilayah sehingga mereka bisa menarik pajak warga, menyita properti, mendapat pemasukan dari usaha negara dan dari minyak dan gas. Kelompok teroris lainnya tidak memilikinya," kata Columb Strack, pengamat senior dari IHS mengutip CNN.

Baca juga: Begini Alasan Anak-Istri Terduga Teroris ISIS Eks WNI Tidak Bisa Ditangani LPSK

Jika pemasukan tersebut dikalikan 12 bulan, hasil yang didapatkan menjadikan ISIS setara dengan PDB negara kecil Samoa yang memiliki penduduk 198 ribu orang, pada tahun 2014. Namun pendapatan ISIS mulai menurun karena serangan udara yang menghancurkan kilang minyak mereka.

Kini ISIS mencari cara lain untuk menghasilkan uang, salah satunya dengan cara menerapkan bayaran bagi mereka yang ingin meninggalkan wilayah kekuasaan ISIS. Atau meningkatkan biaya hidup masyarakat seperti listrik dan air.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)