home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Langsing, Banyak Remaja Korea yang Bahayakan Kesehatan Mereka

Jumat, 04 Desember 2015 17:02 by fzhchyn | 4380 hits
Ingin Langsing, Banyak Remaja Korea yang Bahayakan Kesehatan Mereka
Image source: audienciael

DREAMERS.ID - Dalam upaya menurunkan berat badan untuk mendapat tubuh yang ideal, lebih dari satu dari 10 remaja di Korea Selatan menderita gangguan makan. Mereka berusaha menghindari makanan sebanyak mungkin atau bergantian antara melakukan puasa lalu makan sebanyak-banyaknya.

Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh Oh Sang-woo, seorang spesialis kedokteran keluarga di Universitas Dongguk Ilsan Hospital. Penelitian tersebut melibatkan 5.000 siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan atas (SMA) pada November lalu dan menemukan bahwa 15% siswa perempuan dan 9,9% siswa laki-laki memiliki gangguan makan.

Melansir Chosun Ilbo, seorang ahli saraf Lee Yong-ho mengatakan bahwa gangguan makan ini sering muncul di kalangan gadis-gadis remaja yang diet berlebihan, dan masalah ini sering berlanjut sampai dewasa.

Gangguan makan menghambat pertumbuhan fisik secara normal pada remaja dan dapat mengakibatkan masalah kesehatan jangka panjang. Karena orangtua mereka sering tidak menyadari hal ini, banyak penderita remaja yang kehilangan kesempatan untuk mendapatkan perawatan.

Baca juga: Remaja Rusia Bunuh Diri dalam Siaran Langsung Usai Tonton 'Joker'

Anoreksia adalah salah satu gangguan makan yang serius. “Orang yang menderita anoreksia biasanya memiliki rasa takut yang kuat akan kenaikan berat badan meskipun mereka memiliki kekurangan berat badan yang serius,” kata Park Kyung-min, seorang psikiater di Rumah Sakit Severance Gangnam.

Anoreksia mencegah tubuh untuk berfungsi dengan baik. Jika menstruasi berhenti selama lebih dari tiga bulan saat menjalani diet, anoreksia bisa menjadi penyebabnya.

Gangguan makan lainnya adalah bulimia. Berbeda dengan anoreksia, penderita bulimia tidak dapat mengendalikan makan mereka. Mereka akan makan banyak seperti biasa, tapi kemudian memuntahkannya kembali atau minum pil untuk menginduksi diare.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)