SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Langsing, Banyak Remaja Korea yang Bahayakan Kesehatan Mereka

Jumat, 04 Desember 2015 17:02 by zia92 | 4005 hits
Ingin Langsing, Banyak Remaja Korea yang Bahayakan Kesehatan Mereka
Image source: audienciael

DREAMERS.ID - Dalam upaya menurunkan berat badan untuk mendapat tubuh yang ideal, lebih dari satu dari 10 remaja di Korea Selatan menderita gangguan makan. Mereka berusaha menghindari makanan sebanyak mungkin atau bergantian antara melakukan puasa lalu makan sebanyak-banyaknya.

Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh Oh Sang-woo, seorang spesialis kedokteran keluarga di Universitas Dongguk Ilsan Hospital. Penelitian tersebut melibatkan 5.000 siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan atas (SMA) pada November lalu dan menemukan bahwa 15% siswa perempuan dan 9,9% siswa laki-laki memiliki gangguan makan.

Melansir Chosun Ilbo, seorang ahli saraf Lee Yong-ho mengatakan bahwa gangguan makan ini sering muncul di kalangan gadis-gadis remaja yang diet berlebihan, dan masalah ini sering berlanjut sampai dewasa.

Gangguan makan menghambat pertumbuhan fisik secara normal pada remaja dan dapat mengakibatkan masalah kesehatan jangka panjang. Karena orangtua mereka sering tidak menyadari hal ini, banyak penderita remaja yang kehilangan kesempatan untuk mendapatkan perawatan.

Baca juga: Taman Safari Tindak Tegas Remaja yang Beri Minuman Beralkohol pada Satwa

Anoreksia adalah salah satu gangguan makan yang serius. “Orang yang menderita anoreksia biasanya memiliki rasa takut yang kuat akan kenaikan berat badan meskipun mereka memiliki kekurangan berat badan yang serius,” kata Park Kyung-min, seorang psikiater di Rumah Sakit Severance Gangnam.

Anoreksia mencegah tubuh untuk berfungsi dengan baik. Jika menstruasi berhenti selama lebih dari tiga bulan saat menjalani diet, anoreksia bisa menjadi penyebabnya.

Gangguan makan lainnya adalah bulimia. Berbeda dengan anoreksia, penderita bulimia tidak dapat mengendalikan makan mereka. Mereka akan makan banyak seperti biasa, tapi kemudian memuntahkannya kembali atau minum pil untuk menginduksi diare.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Seorang seleb media sosial semacam Instagram, Yong Ning terpaksa harus mengakhiri aksi aksi berbahayanya. Pria asal China tersebut diketahui tewas mengenaskan setelah melakukan aksi maut saat hendak mengambil gambar dari gedung tinggi....
  • HOT !
    Ritual yang dilakukan kepala negara sebelum mengambil keputusan penting biasanya berupa rapat darurat, konsultasi atau hal lainnya sehubungan konsep strategis yang akan diambil. Namun berbeda dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang dikabarkan justru selalu mendaki gunung....
  • HOT !
    Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan roda empat di Tol Cawang KM 00, Jakarta Timur sekitar pukul 04.20.  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara menyampaikan ada 13 korban karena kecelakaan maut tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)