SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pertama Kali Dilakukan, Penyandang Disabilitas Direkrut jadi Relawan Penanggulangan Bencana

Kamis, 03 Desember 2015 08:22 by zia92 | 920 hits
Pertama Kali Dilakukan, Penyandang Disabilitas Direkrut jadi Relawan Penanggulangan Bencana
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merekrut penyandang disabilitas sebagai relawan penanggulangan dan agen pengurangan risiko bencana. Sebelum perekrutan, mereka akan diberikan pelatihan peningkatan kapasitas yang dipusatkan di Kota Solo, mulai Rabu (2/12).

Kegiatan pelatihan akan berlangsung hingga 4 Desember 2015 dan diikuti oleh 98 penyandang disabilitas. Mereka berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

"Ini poses rekrutmen yang baru pertama kalinya. Kami diawali dengan kegiatan pelatihan selama empat hari. Para peserta akan diberikan materi kebencanaan dan tugas-tugas relawan. Antara lain, kesehatan, komunikasi, dapur umum, shelter, dan pendampingan psikologi," ujar Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Any Isgiati.

Menurut Any, setelah pelatihan, penyandang disabilitas yang termasuk kelompok rentan risiko bencana bukan hanya bisa mandiri dalam menanggulangi bencana, melainkan juga bisa membantu keluarga dan relawan di lingkungannya.

"Pelatihan kebencanaan bagi masyarakat terutama kelompok rentan sangat perlu dilakukan. Sebab, ketika bencana terjadi merekalah yang pertama kali akan melakukan kegiatan penanggulangan. Kami bangga meski dengan keterbatasan, mereka sangat bersemangat," tandasnya.

Baca juga: Ditawarkan Terbang Lagi Oleh Etihad, Ini Tanggapan Wanita Disabilitas Yang Diturunkan Dari Pesawat

Dia menambahkan, perlu diciptakan masyarakat yang mandiri, tangguh, dan yang kuat untuk menangani ketika bencana terjadi dan memberdayakan masyarakat sesudahnya. Sementara keterlibatan penyandang disabilitas akan disesuaikan dengan kemampuan yang mereka miliki.

Kepala Subdit Peran Serta Masyarakat BNPB, Pangarso Suryotomo menambahkan selama ini semangat penyandang disabilitas untuk menjadi relawan penangulangan bencana cukup tinggi. Namun, sayangnya upaya untuk melibatkan mereka belum optimal dan terpadu.

"Pelatihan kebencanaan untuk penyandang disabilitas ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan. Ini untuk mewadahi semangat mereka. Di hari terakhir mereka akan langsung dikukuhkan sebagai relawan," pungkasnya.

[cob]

Source:
  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Dalam sebuah pernikahan, hadiah biasa datang berlimpah untuk membahagiakan kedua mempelai. Namun tak jarang pula pejabat maupun orang penting dunia menolak hadiah pernikahan untuk mereka....
  • HOT !
    Nama Samadikun Hartono sedang jadi tren di pemberitaan dan sosial media bahkan di kalangan milenial yang mempertanyakan sosok yang mengembalikan uang tunai puluhan miliar rupiah itu kepada negara karena kasus korupsi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)