SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Digunakan Banyak Orang, Alat Transportasi Jadi Fokus Pemerintah untuk Promosikan Pencegahan AIDS

Selasa, 01 Desember 2015 12:00 by zia92 | 1101 hits
Digunakan Banyak Orang, Alat Transportasi Jadi Fokus Pemerintah untuk Promosikan Pencegahan AIDS
Image source: tribunnews.

DREAMERS.ID - Belum adanya obat yang bisa untuk menyembuhkan penyakit HIV/AIDS, membuat pemerintah lebih memfokuskan pada program pencegahan untuk menekan peningkatan orang yang terkena virus kekebalan tubuh ini.

Dan pada peringatan AIDS sedunia 2015, pemerintah lebih fokus mempromosikan pencegahan AIDS pada alat transportasi, seperti yang diungkapkan Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Sigit Priohutomo.

Bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, promosi pencegahan penularan AIDS dilakukan pemerintah pada alat transportasi umum darat, laut, dan udara. Alasannya, saat ini sektor transportasi adalah salah satu sektor yang rawan terpapar HIV. “Karena menyangkut interaksi antar manusia yang berasal dari satu tempat ke tempat lain,” katanya mengutip laman Tempo.

Menurutnya, mobilisasi manusia memungkinkan penularan HIV melalui hubungan seksual. Maklum saja, perpindahan manusia, khususnya para pria, banyak terjadi. Baik perpindahan antar kampung kota bahkan negara.

Baca juga: Identik dengan Pita Merah, Inilah Arti Dibalik Lambang HIV AIDS

Sigit mengatakan bahwa dunia transportasi identik dengan “3M” yaitu man, mobile, dan money atau pria, berpindah-pindah, dan uang. Menurutnya, para pria cenderung membawa uang lebih jika ingin pergi ke suatu tempat. Tak jarang mereka tertular atau bahkan menularkan penyakit HIV/AIDS.

Dirinya berharap, dengan promosi pencegahan HIV/AIDS pada alat transportasi umum bisa membuat masyarakat lebih waspada.

Sementara pada peringatan Hari AIDS Sedunia jatuh hari ini, 1 Desember 2015, Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa jumlah HIV/AIDS pada 2015 berkurang dari tahun lalu. Jumlah kasus HIV pada 2015 berjumlah 24.791 dan kasus AIDS berjumlah 3.127. Hal ini berkurang dari 2014 yang HIV berjumlah 32.711 kasus dan AIDS berjumlah 5.494 kasus.

(fzh)

Source:
Komentar
  • HOT !
    Menteri Agama Lukman Hakim sempat disoraki oleh sebagian massa Aksi Bela Palestina sebelum dirinya melakukan orasi. Namun saat ditanya apa yang menyebabkan massa melakukan hal tersebut, Lukman mengaku tidak tahu dan merasa biasa saja....
  • HOT !
     Natal segera tiba sebagai hari Raya umat Kristinani yang memperingati hari lahir Yesus. Namun momen tersebut pun tidak lepas dari sosok Bunda Maria. Seperti yang dilakukan seorang seniman asal Kebumen, Jawa Tengah bernama Eddy Ruswanto....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)