SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Rugikan Para Idola, Inikah Penyebab Hadirnya 'Sasaeng Fans' di Korea?

Jumat, 27 November 2015 14:06 by zia92 | 4573 hits
Sering Rugikan Para Idola, Inikah Penyebab Hadirnya 'Sasaeng Fans' di Korea?
Image source: tvN

DREAMERS.ID - Saat berbicara mengenai industri hiburan dan para pelaku seni alias artis, selebriti, atau idola, kehadiran penggemar pasti tak bisa dipisahkan. Berbagai bentuk dukungan diberikan oleh fans untuk sang idola, mulai dari membeli karya aslinya sampai memberikan hadiah.

Khususnya dalam budaya K-Pop, kita semua pasti pernah mendengar istilah sasaeng fans. Penggemar yang begitu fanatik akan idola mereka ini kerap melakukan hal-hal yang mengganggu bahkan melukai idola.

Tak sedikit idola K-Pop yang mengeluhkan ulah sasaeng fans yang merugikan seperti menerobos masuk rumah atau apartemen, meng-hack akun media sosial mereka, mengambil foto di bukan tempat umum, dan banyak lagi.

Dan tak hanya itu, sasaeng fans juga kadang rela melakukan apapun untuk sang idola, seperti menunggu selama berjam-jam di luar rumah ‘bias’ di tengah hujan dan panas, menguntit bahkan mengejar mobil idola mereka.

Mungkin pertanyaan yang sering terbersit di pikiran fans normal atau mereka yang tidak tinggal di Korea adalah, “Bagaimana mereka (sasaeng fans) bisa mengetahui alamat rumah idola?”, “Bagaimana mereka tahu idola mereka akan pergi ke mana?”

Baca juga: Terungkap Cara Sasaeng Fans Bisa Temukan Jadwal Penerbangan Idola K-Pop

Sebenarnya, tidak ada yang salah jika seorang fans ingin mengetahui tentang idolanya. Itu adalah suatu hal yang sangat normal sebagai seorang fans. Misalnya saat sedang menggelar konser atau fanmeeting, para idola biasanya memberikan fanservice untuk membuat penggemar merasa dekat dengan mereka.

Saat sudah mengetahui sedikit kepribadian sang idola melalui fanmeeting atau program reality show, pasti banyak fans yang penasaran dengan bagaimana kehidupan pribadi mereka. Penggemar normal, biasanya hanya berhenti pada titik penasaran mereka. Tapi bagi sasaeng fans, rasa penasaran tersebut biasanya dilanjutkan dengan sebuah tindakan.

Melansir Soompi, salah satu hal yang menjadi kunci kenapa budaya sasaeng fans ini masih saja sering terjadi adalah karena mudahnya akses. Korea adalah negara yang sangat kecil, kita bisa menjelajah dari utara ke selatan Korea dengan mobil dan hanya butuh waktu empat setengah jam.

Selain itu, para idola di Korea juga cenderung tinggal seperti warga biasa, tak seperti selebriti Amerika yang kebanyakan tinggal di apartemen mewah dengan keamanan 24 jam. Jadi meskipun tampak menakjubkan bahwa sasaeng fans bisa masuk komplek apartemen, sebenarnya itu hal yang sangat sederhana seperti kamu mencari gedung apartemen lalu masuk.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)