home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kota Bandung Terpilih Sebagai Finalis 6 Besar Smart City di Barcelona

Senin, 23 November 2015 23:00 by fzhchyn | 2189 hits
Kota Bandung Terpilih Sebagai Finalis 6 Besar Smart City di Barcelona
Image source: pojoksatu.i

DREAMERS.ID - Kota Bandung terpilih menjadi finalis enam besar inovasi smart city dalam World Smart City Awards 2015 di Barcelona pekan lalu. Bandung masuk menjadi finalis menyingkirkan puluhan kota di dunia. Lalu apa yang membuat kota Bandung terpilih menjadi finalis enam besar dunia smart city?

“Jadi kita itu diapresiasi karena dari semua kota di dunia yang aplikasinya paling banyak untuk partisipasi citizen itu Bandung”, ujar Wali Kota Ridwan Kamil kepada Merdeka.com, di Balai Kota Bandung, Senin (23/11).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mencontohkan beragam aplikasi partisipasi public seperti rapor camat/lurah yang dinilai warga, monitoring program kerja pemkot (Silakip), perizinan online serta komunikasi aktif warga via Twitter tiap dinas. Beragam aplikasi ini yang membuat Bandung disejajarkan dengan kota kota besar di dunia yang telah menerapkan konsep smart city.

“Dengan aplikasi itu jadi orang bisa tahu program kota udah sampai mana. Kemudian bisa dilihat apakah rapornya masih merah atau sudah hijau dan lain-lain. Itu kita paling inovatif lah, alhamdulillah”, kata Emil.

Baca juga: Keren Banget! Game Besutan Developer Bandung ‘Cursed Mansion’ Rilis di Steam

Dalam acara itu, dia juga melakukan presentasi tentang konsep Bandung Smartcity dengan inovasi conected citizen: encouraging participatory governance.

Kota Bandung bersaing dengan lima kota lain di dunia, yakni Buenos Aires (Argentina) , Curitiba (Brazil), Dubai (UEA) , Moskow (Rusia) , dan Peterborough (UK).

“Penghargaan dunia smartcity ini didedikasikan untuk PNS pemkot Bandung yang sudah mau bekerja keras berubah untuk tidak korupsi, lebih melayani dan profesional dan juga untuk masa depan Bandung dan Indonesia yang lebih baik”, kata Emil.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)