SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kota Bandung Terpilih Sebagai Finalis 6 Besar Smart City di Barcelona

Senin, 23 November 2015 23:00 by zia92 | 1991 hits
Kota Bandung Terpilih Sebagai Finalis 6 Besar Smart City di Barcelona
Image source: pojoksatu.i

DREAMERS.ID - Kota Bandung terpilih menjadi finalis enam besar inovasi smart city dalam World Smart City Awards 2015 di Barcelona pekan lalu. Bandung masuk menjadi finalis menyingkirkan puluhan kota di dunia. Lalu apa yang membuat kota Bandung terpilih menjadi finalis enam besar dunia smart city?

“Jadi kita itu diapresiasi karena dari semua kota di dunia yang aplikasinya paling banyak untuk partisipasi citizen itu Bandung”, ujar Wali Kota Ridwan Kamil kepada Merdeka.com, di Balai Kota Bandung, Senin (23/11).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mencontohkan beragam aplikasi partisipasi public seperti rapor camat/lurah yang dinilai warga, monitoring program kerja pemkot (Silakip), perizinan online serta komunikasi aktif warga via Twitter tiap dinas. Beragam aplikasi ini yang membuat Bandung disejajarkan dengan kota kota besar di dunia yang telah menerapkan konsep smart city.

“Dengan aplikasi itu jadi orang bisa tahu program kota udah sampai mana. Kemudian bisa dilihat apakah rapornya masih merah atau sudah hijau dan lain-lain. Itu kita paling inovatif lah, alhamdulillah”, kata Emil.

Baca juga: Mengintip Masjid Futuristik Terbesar Se-Rest Area di Indonesia Karya Ridwan Kamil

Dalam acara itu, dia juga melakukan presentasi tentang konsep Bandung Smartcity dengan inovasi conected citizen: encouraging participatory governance.

Kota Bandung bersaing dengan lima kota lain di dunia, yakni Buenos Aires (Argentina) , Curitiba (Brazil), Dubai (UEA) , Moskow (Rusia) , dan Peterborough (UK).

“Penghargaan dunia smartcity ini didedikasikan untuk PNS pemkot Bandung yang sudah mau bekerja keras berubah untuk tidak korupsi, lebih melayani dan profesional dan juga untuk masa depan Bandung dan Indonesia yang lebih baik”, kata Emil.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Insiden ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur pada Rabu (24/5) malam terjadi di dua lokasi yang berbeda yaitu di depan pintu jalur Transjakarta dan dekat dengan toilet terminal. Akibat peristiwa tersebut setidaknya tiga petugas kepolisian tewas yang tengah bertugas tewas dan 11 orang lainnya terluka....
  • HOT !
    Tak terasa kini umat muslim kembali melaksanakan ibadah puasa. Awal ramadhan tahun ini juga semakin meriah dengan keindangan langit malam yang akan dihiasi oleh sederet objek tata surya menarik, dan yang cukup langka menampakkan dirinya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)