SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kota Bandung Terpilih Sebagai Finalis 6 Besar Smart City di Barcelona

Senin, 23 November 2015 23:00 by zia92 | 1976 hits
Kota Bandung Terpilih Sebagai Finalis 6 Besar Smart City di Barcelona
Image source: pojoksatu.i

DREAMERS.ID - Kota Bandung terpilih menjadi finalis enam besar inovasi smart city dalam World Smart City Awards 2015 di Barcelona pekan lalu. Bandung masuk menjadi finalis menyingkirkan puluhan kota di dunia. Lalu apa yang membuat kota Bandung terpilih menjadi finalis enam besar dunia smart city?

“Jadi kita itu diapresiasi karena dari semua kota di dunia yang aplikasinya paling banyak untuk partisipasi citizen itu Bandung”, ujar Wali Kota Ridwan Kamil kepada Merdeka.com, di Balai Kota Bandung, Senin (23/11).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mencontohkan beragam aplikasi partisipasi public seperti rapor camat/lurah yang dinilai warga, monitoring program kerja pemkot (Silakip), perizinan online serta komunikasi aktif warga via Twitter tiap dinas. Beragam aplikasi ini yang membuat Bandung disejajarkan dengan kota kota besar di dunia yang telah menerapkan konsep smart city.

“Dengan aplikasi itu jadi orang bisa tahu program kota udah sampai mana. Kemudian bisa dilihat apakah rapornya masih merah atau sudah hijau dan lain-lain. Itu kita paling inovatif lah, alhamdulillah”, kata Emil.

Dalam acara itu, dia juga melakukan presentasi tentang konsep Bandung Smartcity dengan inovasi conected citizen: encouraging participatory governance.

Kota Bandung bersaing dengan lima kota lain di dunia, yakni Buenos Aires (Argentina) , Curitiba (Brazil), Dubai (UEA) , Moskow (Rusia) , dan Peterborough (UK).

“Penghargaan dunia smartcity ini didedikasikan untuk PNS pemkot Bandung yang sudah mau bekerja keras berubah untuk tidak korupsi, lebih melayani dan profesional dan juga untuk masa depan Bandung dan Indonesia yang lebih baik”, kata Emil.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Media sosial beberapa hari belakangan digemparkan oleh sebuah video tak biasa yang memperlihatkan kemunculan sesosok makhluk yang diyakini manusia namun belum bisa diverifikasi keberadaan dan profilnya....
  • HOT !
    Bos Uber yang sempat bergabung dengan tim Donald Trump memang memutuskan hengkang setelah mendapat tekanan dari berbagai pihak serta insiden internal. Kini Trump dikabarkan akan mengumumkan anggota tim baru yang berisikan sejumlah pemimpin perusahaan AS....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : parkminha
Cast : oh sehun krystal jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)