SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kesalahan Poster Waspada HIV Buat Heboh Netizen

Jumat, 20 November 2015 19:37 by reinasoebisono | 2474 hits
Kesalahan Poster Waspada HIV Buat Heboh Netizen
Image source: BBC

DREAMERS.ID - Sebuah kesalahan informasi yang dianggap cukup fatal terjadi karena bisa menyebabkan salah persepsi. Sebuah poster himbauan penyakit HIV AIDS yang dipasang di stasiun-stasiun kereta api dan commuter line mengalami kesalahan cetak.

Seharusnya kampanye itu berbunyi 'HIV tidak menular melalui...," dan bukan 'menular melalui...' Poster tersebut mengatakan jika HIV dapat menular lewat gigitan nyamuk, berenang dan makan bersama, keringat, dan bersin. Padahal kenyataannya adalah sebaliknya.


Image source: BBC

Namun hal ini telah diklarifikasi dan pihak Kemenkes meminta maaf melalui akun Twitter resmi Kementrian. Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Muhammad Subuh mengatakan, kekeliruan tersebut disebabkan "salah cetak".

"Mereka alpa mencetak kata 'tidak'. Itu murni kekeliruan," ujarnya kepada kantor berita AFP melalui laman BBC.

Baca juga: Posternya Diganti Poster Solo Suzy, Miss A Diduga Akan Bernasib Sama dengan Wonder Girls?

Hal ini pertama kali diketahui dan disebarkan ke media sosial oleh Rahman Seblat yang juga fasilitator Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI). Posting-an kekeliruan poster tersebut langsung menjadi viral di sosial media.

Walaupun banyak yang mengeluh lembaga sebesar Kementrian Kesehatan bisa kecolongan dengan alasan pihak percetakan tidak menunjukkan poster sebelum dipasang, Kemenkes tetap dipuji karena bergerak cepat dengan langsung menurunkan seluruh poster keesokan harinya.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Muhammad Subuh juga mengatakan jika kontroversi ini justru dianggap suatu berkah karena berarti masyarakat tanggap dan ada kemajuan dalam kesadaran masyarakat terhadap HIV.

(rei)

  • HOT !
    Rencana kegiatan Tarawih berjamaah atau Tarawih Akbar di Monumen Nasional diminta untuk ditinjau kembali karena beberapa alasan. Yang sempat santer terdengar adalah dikhawatirkan adanya unsur politis dalam pelaksanaannya....
  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Tibalah hari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sudah diantisipasi sejak lama, hari bahagia pasangan ini akan menjadi sorotan di seluruh dunia. Pesta pernikahannya sendiri akan menggabungkan dua nuansa yaitu prosesi Kerajaan Inggris dan glamor ala Hollywood....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)