SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pasca Serangan Paris, Tim Angklung Saung Udjo Tetap Berangkat

Senin, 16 November 2015 11:00 by zia92 | 1524 hits
Pasca Serangan Paris, Tim Angklung Saung Udjo Tetap Berangkat
Image source: jakpost.tra

DREAMERS.ID - Serangan bom dan penembakan yang terjadi di Paris pada Jumat (13/11) lalu membuat kota mode tersebut menerapkan penjagaan yang sangat ketat. Begitu pula dengan keluar-masuknya orang di Prancis.

Mereka yang berencana  akan terbang ke sana, mungkin akan membatalkan atau menunda keberangkatan karena khawatir ancaman serangan masih akan terjadi. Tapi Tim Saung Angklung Udjo dari Bandung tetap berangkat untuk merayakan acara Angklung Pride ke-5.

Acara yang akan digelar di gedung teater Odeon, Paris, Prancis pada 17 November itu terkait dengan pengukuhan angklung sebagai kekayaan tak benda oleh UNESCO pada 16 November 2000.

Menurut laporan Tempo.co, Direktur Operasional Saung Angklung Udjo, Mutiara Deciana Udjo, mengatakan tim angklung yang berjumlah 30 orang terbang ke Paris. Berdasarkan informasi terbaru, tim angklung tersebut telah mendarat di bandara Paris.

Mereka bertolak setelah pementasan angklung di Taiwan, pada Minggu siang, 15 November 2015. "Sejauh ini tidak ada kabar pembatalan atau penundaan main di Paris," ujar Mutiara pada Minggu (15/11).

Baca juga: Puluhan Masjid Ditutup di Perancis Akibat Serangan Teror Paris

Mereka juga membawa sekitar 1.500 buah angklung untuk dimainkan serta dibagikan ke para peserta di tiap negara yang disinggahi. Di Paris, rencananya tim angklung akan mengenalkan sejarah angklung hingga mengajak 300 orang penonton main angklung bersama dengan iringan orkestra.

Dalam pertunjukkan selama satu jam lebih tersebut ditampilkan lagu-lagu ciptaan penemu angklung mendiang Daeng Sutigna, musik alunan rumpun bambu (arumba), tari jaipong, lagu Prancis, lagu Es Lilin serta Indonesia Pusaka. Selain itu tembang-tembang pop seperti dari The Beatles dan Queen.

Acara tersebut dikelola oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, sekaligus memenuhi undangan tampil dari UNESCO. "Rencananya tim angklung di Paris selama lima hari, termasuk tampil di sebuah universitas," ujar anak ke-10 mendiang Udjo Ngalagena tersebut.

Dari Paris, tim Saung Angklung Udjo dijadwalkan tampil dengan sepuluh pemain di Belanda mulai 21 November, kemudian ke Ukraina pada 24 November serta Turki pada 29 November.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Artis Dewi Persik dipertemukan dengan anggota polisi yang disebutnya mengawal ketika berusaha menerobos jalur busway yang viral di pemberitaan dan media sosial. Namun ada perbedaan pendapat dan hal ini disebutkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra....
  • HOT !
    Komisi Komunikasi Korea Selatan pada hari Rabu mengumumkan adanya serangkaian kebijakan baru untuk mengekang membludak nya konten tak pantas di situs microblogging milik Amerika, Tumblr. Negeri Gingseng itu akan memastikan penerapannya dapat diterapkan ke perusahan Korea dan asing yang berbasis internet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)