SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ajak Rakyat Ikut Pemilu, KPU Adu 42 Aplikasi Pilkada Serentak

Minggu, 08 November 2015 11:27 by zia92 | 637 hits
Ajak Rakyat Ikut Pemilu, KPU Adu 42 Aplikasi Pilkada Serentak
Image source: metrotvnews

DREAMERS.ID - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2015 Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyelenggarakan perlombaan aplikasi bertema 'Pilkada Serentak Apps Challenge'. Sebanyak 42 aplikasi berbasis website dan android ikut meramaikan perlombaan guna memancing peran masyarakat.

"Dari data yang masuk, ada 42 aplikasi yang formatnya smartphone dan website," kata Program Officer Pilkada Serentak Apps Challenge, Diah Setiawan ditemui di KPU, Jakarta, Minggu (8/11).

Dari 42 aplikasi, kata dia, terdiri dari 3 kategori, yaitu kategori Female, Disabillity dan Digitalisasi Scan C1. Untuk kategori pertama, ini dikembangkan oleh para perempuan. "Aplikasi female adalah aplikasi yang dikembangkan para developer perempuan yang ingin membuat aplikasi bertema Pilkada 2015," ujarnya.

Kemudian, kategori disabillity adalah aplikasi yang diperuntukkan untuk pemilih kaum difabel. Uniknya, pengerjaan ini juga dibuat oleh difabel. "Bukan hanya aplikasinya saja yang diperuntukkan untuk kaum disability tetap yang membuatnya juga kaum disability," ungkapnya.

Baca juga: Prediksi Jumlah Anggaran yang Dibutuhkan untuk Tambahan 15 Kursi DPR

Terakhir, kategori Scan C1. Ini merupakan kategori untuk kepentingan crowdsourcing terutama guna verifikasi hasil Pilkada. Banyak developer terinspirasi pembuatan ini, mengacu pada kawalpemilu.org.

Kategori khusus Scan C1 adalah hasil pengajuan KPU, Perludem, dan Code4Natio. "Kategori ini bertujuan untuk membantu KPI mendigitalisasi data hasil Scan C1 dari setiap TPS. Aplikasi ini juga membantu masyarakat dalam memverifikasi hasil digitalisasi. Apakah benar atau salah,jika salah masyarakat dapat berkontribusi untuk melakukan revisi," tandasnya.

[rhm]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)