home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makan Daging Babi Tak Matang, Otak Pemuda Ini Digerogoti Cacing Pita!

Sabtu, 07 November 2015 10:18 by ningcil | 3495 hits
Makan Daging Babi Tak Matang, Otak Pemuda Ini Digerogoti Cacing Pita!
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Sebuah kejadian yang cukup mengejutkan baru saja dialami oleh Luis Ortiz, seorang pelajar asal California, Amerika Serikat. Nyawanya hampir terenggut saat segerombolan cacing bersarang di kepalanya.

Gejala yang tak beres di kepalanya ini pertama kali dirasakan oleh Luis saat merasa pusing dan migrain, sebelum akhirnya ke rumah sakit dan hilang kesadaran lalu pingsan. Mengejutkan, hasil CT Scan menunjukkan segerombol cacing pita yang telah membentuk kista di otaknya hingga membuat aliran darah beku.

Dokter bedah saraf Soren SIngel dari Pusat Medis Napa Velley bertindak cepat dengan mengambil langkah operasi terhadap pemuda berusia 26 tahun ini. Beruntung dalam 30 menit paling kritis, dokter dapat menyelamatkannya dari kematian. Seandainya terlambat dioperasi, dipastikan Ortiz akan meninggal dunia.

"Cacing-cacing tersebut masih hidup dan menggeliat saat kami coba angkat," ujar Singel seperti dikutip Huffington Post pada Kamis (05/11). Luis yang siuman pasca operasi sangat terkejut begitu diperlihatkan cacing yang hampir saja mengambil nyawanya. Ia tak percaya jika makhluk tersebut keluar dari kepalanya.

Dari analisis dokter, Ortiz diserang larva cacing pita itu akibat terbiasa makan daging yang tidak diolah secara benar. Hewan ini biasa hidup di dalam pencernaan babi. Kemungkinannya dia pernah makan daging babi kurang matang sehingga larva bisa hidup di dalamnya, atau orang yang mengolah daging tersebut dihinggapi parasit cacing.

Infeksi seperti yang dialami oleh Ortiz disebut cysticercosis. Ortiz tidak ingat kapan terakhir kali makan babi. Dia mengaku tidak terlalu suka makan daging itu. Di sisi lain, dia pernah hidup di Meksiko, yang standar sanitasinya kurang tinggi, tapi menurutnya itu sudah lama sekali. Kasus seperti dialami Ortiz diperkirakan dialami 50 juta orang di seluruh dunia.

"Cacing itu mengendap di usus, dan entah bagaimana bisa sampai ke otak. Orang-orang yang dihinggapi cacing parasit ini seringkali tidak sadar," kata Singel.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)