SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Akui Satu Sama Lain, Perkara Nama Panggilan Jadi Masalah di Pertemuan China-Taiwan

Kamis, 05 November 2015 10:23 by reinasoebisono | 1029 hits
Tidak Akui Satu Sama Lain, Perkara Nama Panggilan Jadi Masalah di Pertemuan China-Taiwan
Image source: nytimes.com

DREAMERS.ID - Banyak negara di dunia yang terpecah belah dan masih melakukan ‘perang dingin’ bahkan perseteruan frontal hingga sekarang. Sebut saja Korea Selatan dan Utara atau Rusia dan Ukraina yang masih bersitegang.

Namun ternyata jika para pemimpin negara-negara tersebut bertemu, hal-hal sepele yang menjadi protokoler bisa menjadi masalah besar. Seperti yang akan dilakukan di pertemuan pemimpin China dan Taiwan di Singapura akhir pekan ini.

Melalui laman CNN, ucapan dan gestur kedua pemimpin negara tersebut akan diperhatikan dan masih menjadi perdebatan setelah tidak pernah bertemu selama hampir 70 tahun.

Pemerintah Beijing, China tidak mengakui Taiwan sebagai negara merdeka, sehingga mereka menolak memanggil Ma Ying Jeou dengan sebutan “Presiden Taiwan”. Sedangkan Ma Ying Jeou juga tidak bisa memanggil Presiden Xi Jinping “Presiden” karena dianggap masih tunduk pada China.

Baca juga: Video Detik-detik Menegangkan Selebgram Tewas Saat Foto dari Gedung Tinggi

Ekstrimnya, Beijing masih menganggap Taiwan sebagai negara bagiannya dan akan bersatu kembali dengan China setelah memisahkan diri tahun 1949 karena berakhirnya perang saudara. Bahkan Beijing akan melakukan kekerasan jika perlu untuk membuat Taiwan kembali ke China.

Untuk mengatasi perkara penyebutan nama, disepakati kedua pemimpin itu akan memakai panggilan “xiansheng” atau “tuan” satu sama lain. Namun kantor berita Taiwan tetap memanggil Ma sebagai “presiden” sedangkan Xi akan disebut “pemimpin komunis China”.

Tidak hanya itu, masalah pengibaran bendera hingga siapa duluan yang harus mengulurkan tangan untuk bersalaman juga menjadi perdebatan untuk protokoler yang akan dilakukan di pertemuan nanti.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)