home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Akui Satu Sama Lain, Perkara Nama Panggilan Jadi Masalah di Pertemuan China-Taiwan

Kamis, 05 November 2015 10:23 by reinasoebisono | 1164 hits
Tidak Akui Satu Sama Lain, Perkara Nama Panggilan Jadi Masalah di Pertemuan China-Taiwan
Image source: nytimes.com

DREAMERS.ID - Banyak negara di dunia yang terpecah belah dan masih melakukan ‘perang dingin’ bahkan perseteruan frontal hingga sekarang. Sebut saja Korea Selatan dan Utara atau Rusia dan Ukraina yang masih bersitegang.

Namun ternyata jika para pemimpin negara-negara tersebut bertemu, hal-hal sepele yang menjadi protokoler bisa menjadi masalah besar. Seperti yang akan dilakukan di pertemuan pemimpin China dan Taiwan di Singapura akhir pekan ini.

Melalui laman CNN, ucapan dan gestur kedua pemimpin negara tersebut akan diperhatikan dan masih menjadi perdebatan setelah tidak pernah bertemu selama hampir 70 tahun.

Pemerintah Beijing, China tidak mengakui Taiwan sebagai negara merdeka, sehingga mereka menolak memanggil Ma Ying Jeou dengan sebutan “Presiden Taiwan”. Sedangkan Ma Ying Jeou juga tidak bisa memanggil Presiden Xi Jinping “Presiden” karena dianggap masih tunduk pada China.

Baca juga: Kenapa Prabowo Sudah Berkunjung Ke Cina-Jepang Padahal Belum Resmi Jadi Presiden?

Ekstrimnya, Beijing masih menganggap Taiwan sebagai negara bagiannya dan akan bersatu kembali dengan China setelah memisahkan diri tahun 1949 karena berakhirnya perang saudara. Bahkan Beijing akan melakukan kekerasan jika perlu untuk membuat Taiwan kembali ke China.

Untuk mengatasi perkara penyebutan nama, disepakati kedua pemimpin itu akan memakai panggilan “xiansheng” atau “tuan” satu sama lain. Namun kantor berita Taiwan tetap memanggil Ma sebagai “presiden” sedangkan Xi akan disebut “pemimpin komunis China”.

Tidak hanya itu, masalah pengibaran bendera hingga siapa duluan yang harus mengulurkan tangan untuk bersalaman juga menjadi perdebatan untuk protokoler yang akan dilakukan di pertemuan nanti.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)