SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Akui Satu Sama Lain, Perkara Nama Panggilan Jadi Masalah di Pertemuan China-Taiwan

Kamis, 05 November 2015 10:23 by reinasoebisono | 1067 hits
Tidak Akui Satu Sama Lain, Perkara Nama Panggilan Jadi Masalah di Pertemuan China-Taiwan
Image source: nytimes.com

DREAMERS.ID - Banyak negara di dunia yang terpecah belah dan masih melakukan ‘perang dingin’ bahkan perseteruan frontal hingga sekarang. Sebut saja Korea Selatan dan Utara atau Rusia dan Ukraina yang masih bersitegang.

Namun ternyata jika para pemimpin negara-negara tersebut bertemu, hal-hal sepele yang menjadi protokoler bisa menjadi masalah besar. Seperti yang akan dilakukan di pertemuan pemimpin China dan Taiwan di Singapura akhir pekan ini.

Melalui laman CNN, ucapan dan gestur kedua pemimpin negara tersebut akan diperhatikan dan masih menjadi perdebatan setelah tidak pernah bertemu selama hampir 70 tahun.

Pemerintah Beijing, China tidak mengakui Taiwan sebagai negara merdeka, sehingga mereka menolak memanggil Ma Ying Jeou dengan sebutan “Presiden Taiwan”. Sedangkan Ma Ying Jeou juga tidak bisa memanggil Presiden Xi Jinping “Presiden” karena dianggap masih tunduk pada China.

Baca juga: Stasiun Antariksa Cina Tiangong 1 yang Beracun Akan Jatuh ke Bumi Akhir Pekan Ini

Ekstrimnya, Beijing masih menganggap Taiwan sebagai negara bagiannya dan akan bersatu kembali dengan China setelah memisahkan diri tahun 1949 karena berakhirnya perang saudara. Bahkan Beijing akan melakukan kekerasan jika perlu untuk membuat Taiwan kembali ke China.

Untuk mengatasi perkara penyebutan nama, disepakati kedua pemimpin itu akan memakai panggilan “xiansheng” atau “tuan” satu sama lain. Namun kantor berita Taiwan tetap memanggil Ma sebagai “presiden” sedangkan Xi akan disebut “pemimpin komunis China”.

Tidak hanya itu, masalah pengibaran bendera hingga siapa duluan yang harus mengulurkan tangan untuk bersalaman juga menjadi perdebatan untuk protokoler yang akan dilakukan di pertemuan nanti.

(rei)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)